Thursday, April 16, 2015

[KG-105/2015] Yang Bikin Hepi : Semen Cisaat + Audit SAI Global

JaKaRTa: Dua hal penting yang mewarnai bisnis PT Kereta Api Logistik (KALOG) hari ini. Pertama, dimulainya angkutan semen milik PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) di rute baru Nambo - Cisaat (NMO-CSA). Nambo berada dekat Citeureup, Bogor sedangkan Cisaat dekat Sukabami.

Perjalanan kereta api (KA) angkutan semen "Tiga Roda" perdana, berhasil diberangkatkan dari stasiun NMO jam 03.49 dan tiba di CSA jam 08.00 kurang dikit (foto, suasana Dome). Membawa muatan 480 ton ato 12 gerbong datar (GD) saja, disesuaikan kapasitas maksimal di rute ke arah Sukabumi. Catet nih, efektif mulai tgl 16/04 dan akan berjalan setiap 2 (dua) hari sekali. Selamat !


Ke-dua, terkait komitmen terhadap faktor Quality. Sejalan dengan komitmen penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM), pada hari Kamis 16/04 telah dilaksanakan audit surveillance yang pertama di divisi Business Development (BD), Infrastruktur serta Management Representative (MR) oleh pihak SAI Global.

Audit surveillance ini merupakan audit berkala setelah sertifikasi ISO 9001:2008 pada akhir 2014 lalu, yang juga merupakan suatu upaya dan prosedur untuk mempertahankan sertifikasi ISO yang telah diperoleh saat itu.

Kegiatan audit diatas, diawali dengan pembukaan serta pengarahan VP QA & IC serta penjabaran susunan acara oleh auditor yang dihadiri oleh Auditee, Auditor Internal (AI) serta Document Controller (DC) KALOG.

Di akhir kegiatan, SAI Global menyatakan bahwa SMM di lingkungan PT KALOG telah diterapkan dengan baik dan KALOG direkomendasikan serta dinyatakan masih dapat melanjutkan sertifikasi ISO 9001:2008 dan diharapkan penerapan SMM dapat meningkatkan kinerja serta daya saing perusahaan untuk menghadapi MEA.

Pada kesempatan tersebut, Auditor juga memberikan beberapa saran untuk menyempurnakan SMM yang diterapkan diantaranya penyempurnaan format survey pelanggan, masa retensi dokumen, dokumentasi berbasis elektronik serta metode penghancuran dokumen. Audit Surveillance selanjutnya, akan dijadwalkan pada enam bulan mendatang.

Semoga semen tujuan Cisaat gak cuma sesaat namun berkelanjutan dan tujuan audit, gak medit koq, hanya menemukan kekurangan tetapi juga menjadi forum perbaikan terhadap sistem kerja di perusahaan yang berkelanjutan. Bravo !

Dokumentasi kegiatan, terlampir.


Sumber : KALOG / Foto : RAM - Adjeng Putri - Aulia Amini - Erwin Suryadi - Iwan R.

[English Free Translation]

Two important things that characterizes the business of PT Kereta Api Logistik (KALOG) today. The first, the start of “Tiga Roda” cement transportation in the new route Nambo - Cisaat (NMO-CSA). 2nd, surveillance audit of SAI Global and KALOG successfully defend the title.Congrats !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...