Minggu, 07 Desember 2014

[KU-333/2014] Jalur KA Tanjung Emas Diaktifkan

SEMARANG: Jalur KA di Pelabuhan Tanjung Emas yang sempat vakum selama 12 tahun, akan diaktifkan kembali. Jalur rel KA Pelabuhan Tanjung Emas akan disambungkan langsung ke Stasiun Tawang, Semarang dan mulai aktif 2015 mendatang.

Rencana tersebut telah dituangkan dalam penandatanganan MoU antara PT Pelindo, PT KAI, dan Dishubkominfo Pemprov Jateng. "Dengan adanya jalur rel kereta api ini diharapkan bisa menjadi moda transportasi untuk angkutan barang menuju Jakarta-Surabaya,” kata Dirut PT Pelindo III, Djarwo Surjanto.

EVP Daop 4 Semarang, Wawan Ariyanto mengatakan, rencananya rel KA Pelabuhan Tanjung Emas-Tawang sepanjang 2,9 km. Rel akan diaktifkan tahun depan, sekarang masih proses pembangunan. Selain itu, ada beberapa lahan yang harus dibebaskan, lantaran masih ditempati warga.

"Sekarang sudah tahap DED, nanti tinggal bangun saja," katanya. Ia menargetkan, pembangunan jalur rel pelabuhan selesai dalam waktu 6 bulan. Dengan begitu pertengahan 2015 rel sudah bisa dimanfaatkan untuk transportasi barang menggunakan KA.

"Kami hanya menyambungkan Jakarta-Surabaya. Jadi transportasi kereta bisa kembali aktif, karena sebelumnya memang sudah ada, tapi vakum." imbuhnya.

Sumber : Jawa Pos, 04.12.14.

[English Free Translation]
Railway line at Tanjung Emas which had a vacuum for 12 years, will be reactivated. Railway line to Tanjung Emas Port will be connected directly to the Tawang Station, Semarang and predicted to begin in 2015.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar