Monday, July 22, 2013

[KU-200/2013] PT KAI Beli 100 Lokomotif dari AS dan Jerman.



PT KAI telah memesan 100 loko baru buatan Amerika Serikat dan Jerman. Loko tersebut diperkirakan bakal datang bertahap hingga akhir tahun 2014. Direktur Sarana PT KAI mengatakan, PT KAI sejak tahun lalu telah memesan 100 loko dengan tipe 206 dari pabrik GE di AS.

"Nilai investasi 1 loko harganya Rp 24 M," katanya. Disebutkannya, dari jumlah itu baru 50 loko yang sudah berhasil dikirimkan ke Indonesia. Dia menambahkan, begitu loko tersebut datang ke Indonesia, PT KAI langsung melakukan berbagai pengujian terkait kualitas barang, seperti uji statis, uji beban, uji taktis dan uji dinamis.

Dengan begitu, loko yang dibeli sesuai dengan pesanan PT KAI. Dari 50 loko yang datang, pihak PT KAI sudah melakukan uji terhadap 37 unit loko, sementara sisanya pengujian masih terus berlangsung. Salah satu uji terkahir yang akan dilakukan adalah uji operasional, yaitu mengetes kemampuan loko untuk digunakan di medan yang berat seperti tanjakan atau lereng yang curam.

Setelah semua pengujian dapat diselesaikan, pihaknya akan meminta Kemenhub untuk menerbitkan sertifikasi atas loko yang baru dibeli tersebut. PT KAI berharap Kemenhub juga bergerak cepat sehingga semua loko yang telah lulus uji bisa segera mendapat sertifikasi.

”Kalau sertifkasinya sudah dapat kita tenang, karena bisa untuk mendukung angkutan Lebaran," tambahnya. Selain membeli 100 loko untuk KA penumpang, PT KAI juga telah membeli 44 loko jenis 205 dari Jerman. Loko jenis ini lebih banyak berfungsi untuk pengangkutan barang. Puluhan loko ini sudah didatangkan dan siap beroperasi untuk mengangkut batubara di Sumatera.

Sumber : Kompas, 17.06.13.

[English Free Translation]

PT KAI has ordered 100 new locomotives made ​​in USA and Germany. The locomotives is expected to arrive in stages until end of 2014. PT KAI said, since last year they has been ordered 100 locomotives with CC206 types of GE factory in the U.S.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...