Saturday, July 6, 2013

[KU-184/2013] PTBA Jajaki Ekspor Batu Bara ke Vietnam


BISNIS.COM, JAKARTA—PT Bukit Asam (Persero) Tbk  melakukan penjajakan kerja sama dengan  Vietnam untuk meningkatkan ekspor batu bara low rank 5.000 kkal  dengan target  1 juta ton per tahun.

Direktur Utama PT Bukit Asam Milawarma mengatakan peningkatan tersebut masih akan berkembang sesuai dengan peningkatan pasar Vietnam.
"Minimal kami menargetkan akan naik 1 juta ton," ujarnya saat dihubungi Bisnis di Jakarta, Minggu (30/6/2013).
Pasokan ekspor batu bara ke Vietnam selama ini kurang lebih 500.000 ton per tahun. Perseroan selama ini mengekspor batu bara tingkat tinggi (high coal rank) dengan kualitas 6.000 kkal/kg.

Penandatangan nota kesepahaman antara Indonesia dengan Vietnam hari Sabtu lalu (29/6/2013) belum menentukan besaran, pola, dan spesifikasi kerja sama lebih lanjut.
Milawarma menambahkan, prioritas pada tahap awal adalah mengekspor batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap di wilayah Vietnam Selatan.
Seperti yang diberitakan sebelumnya, Vietnam akan melakukan kerja sama dengan Indonesia di beberapa sektor.
Pengembangan  batu bara dan pengunaan bahan bakar fosil tersebut di Indonesia sudah dianggap maju oleh Vietnam. Hal ini menjadikan landasan mereka untuk menjalin kerja sama dalam bidang sumberb daya manusia dalam pertambangan serta manajemen tambang.
Sumber : Bisnis Indonesia, 01.07.13.

Berita terkait, baca rujukan sebelumnya di [KU-182/2013] Vietnam Minta Bantuan Mengelola Batubara – edisi tanggal 04 Juli 2013.

[English Free Translation]
PT Bukit Asam (Persero) Tbk conducted exploratory cooperation with Vietnam to boost exports of low rank coal 5,000 kcal with a target of 1 million tonnes per year. President Director of PT Bukit Asam Milawarma said the increase in accordance with the Vietnamese market condition.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...