Sunday, October 30, 2011

[KU-100/2011] Sumsel Bangun Jalan Tol

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG-Jalan Tol Kayuagung-Jakabaring Palembang, ditargetkan selesai pada akhir 2012 mendatang, hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ke-66, Selasa (11/10/2011).

“Kita targetkan Desember 2012 mendatang, pembangunan jalan tol Kayuagung-Jakabaring Palembang selesai dan langsung difungsikan pada  akhir desember 2012 mendatang. Kontraktor yang mengerjakan jalan tol itu sangat berpengalaman sudah ribuan km dia membuat jalan tol, dia  juga merencanakan tol itu selesai 1 tahun,” ucap Alex.

Sebelum Seagames dimulai, menurut Alex banyak investor yang berminat melakukan pembangunan di Sumsel, antara lain dengan melakukan pembangunan jalan tol terpanjang di luar Pulau Jawa sepanjang 170 km dimulai dari Kayuagung-Jakabaring-Betung-Alang-alang Lebar hingga Tanjung api-api.

“Jalan tol tersebut terpanjang diluar Pulau Jawa. Tahap awal pembangunan di Kayuagung-Jakabaring sepanjang 37 km, Rencananya bakal diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY),” katanya.

Dijelaskannya, pembangunan tiga ruas jalan tol di Sumsel yakni, Kayuagung-Jakabaring, Jakabaring-Alang-alang Lebar dan Alang-alang Lebar-Betung yang dibiayai investor dari Malaysia, Hal ini salah satunya dilakukan guna untuk mengantisipasi kemacetan dengan melihat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang akan meningkat secara signifikan pada tiga tahun mendatang.

Sementara itu, Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM mengaku sangat bangga dan senang soal adanya penyediaan infrastruktur dan harapan terwujudnya pembangunan jalan tol. Karena terwujudnya pembangunan jalan tol  berdampak pada kemajuan perekonomian.

“Prioritas jalan tol Kayu Agung-jakabaring dengan lebar 50 meter saat ini pembebasan lahannya sudah berjalan dan hampir selesai,” ujar Ishak Mekki.

Kendatipun sebelumnya rute pembangunan jalan tol itu sempat di rubah karena tidak ada titik temu antara warga dan pemerintah setempat namun saat ini, Pemkab OKI telah mengambil keputusan final dengan merubah arah gerbang tol tersebut di kawasan samping Sekolah TK Al Azhar Kayuagung atau sekitar 600 meter dari lokasi lama.

“Dari sepengetahuan kami di kawasan jalan tol yang melintasi kecamatan  Kota Kayuagung, SP Padang, Jejawi dan 1,1 km wilayah Kabupaten Banyuasin tersebut, saat ini terus melakukan pengerasan jalan dan pembangunan jembatan, di mana jalan tol tersebut nantinya akan melintasi 10 jembatan dan 6 box culvart,” jelasnya.

Ishak juga menjelaskan, dampak lainnya yang ditimbulkan dengan adanya pembangunan jalan itu, bukan hanya area disekitar jalan tidak akan terisolir  lagi, namun hal tersebut tentu juga mengundang para pengusaha untuk  berinvestasi dan mendirikan usahanya di sepanjang jalan alternatif.

Sumber : Sriwijaya Post, 11.10.11.

[Engish Free Translation]
South Sumatera build toll road. At initial stage, long highway which was built about 37 kilometers.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...