Thursday, October 13, 2011

[KU-083/2011] Adaro Beli 35% Saham Servo Meda

JAKARTA: PT Adaro Energy Tbk membeli 35% saham perusahaan jasa pertambangan batu bara PT Servo Meda Sejahtera (SMS) senilai Rp200 miliar.

Dalam keterbukaan informasi Adaro kepada Bursa Efek Indonesia hari ini, emiten tambang batu bara itu membeli saham SMS dari PT Servo Infrastruktur.

Sekretaris Perusahaan Adaro Devindra Ratzarwin mengatakan pembelian SMS dilakukan melalui PT Alam Tri Abadi, yang 99% sahamnya dimiliki Adaro.

"Tujuan pembelian saham SMS untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan operasi logistik Adaro dalam bidang batu bara di Sumatra Selatan," ujar Devindra dalam suratnya malam ini.

Jasa pertambangan batu bara SMS, tuturnya, terutama berupa layanan logistik dari hulu dan hilir.

Kegiatan SMS mencakup pengangkutan batu bara dan pemuatan batu bara ke atas kapal melalui dua anak usahanya.

Salah satunya yaitu perusahaan jalan khusus batu bara di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Banyuasin bernama PT Servo Lintas Raya.

Anak usaha lain adalah operator terminal batu bara di Sungai Banyuasin yaitu PT Swarnadwipa Dermaga Jaya.

Setelah transaksi pembelian, pemegang saham SMS terdiri dari Alam Tri Abadi 35%, Servo Infrastruktur 50% dan PT Bumi Alam Sejahtera 15%.

Manajemen Adaro juga menegaskan transaksi itu bukan transaksi material karena pembelian itu di bawah batas nilai (treshold) transaksi material seperti yang diatur dalam peraturan Bapepam-LK No.IX.E.2.

Peraturan itu tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha Utama.

Saham Adaro yang berkode ADRO ditutup terapresiasi Rp80 atau 4,49% ke Rp1.860.

Harga itu membentuk kapitalisasi pasarnya sebesar Rp59,49 triliun dan rasio harga saham terhadap laba bersih per sahamnya (price to earnings ratio/PER) sebesar 16,49 kali. (faa)

Sumber : Bisnis Indonesia, 12.10.11.

[English Free Translation]
Adaro buy 35% stake Servo Meda.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...