Monday, October 3, 2011

[KU-075/2011] MTI : Belum Ada Manajemen Transportasi Untuk SEA Games

 
JAKARTA: Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyesalkan hingga kini belum ada rencana manajemen transportasi pada SEA Games XXVI yang akan digelar di Jakarta dan Palembang November mendatang.

Ketua Umum MTI Danang Parkesit mengatakan manajemen transportasi dan lalu lintas dibutuhkan guna menjamin kelancaran arus pergerakan atlet, official, dan penonton. Danang meragukan kesiapan pemerintah di dua kota tersebut dalam menyelenggarakan SEA Games yang berskala internasional.

Menurut Danang, panitia dan pemerintah kota seharusnya telah jauh-jauh hari menyebarkan informasi pengaturan lalu lintas termasuk penempatan informasi rute yang akan dilalui, pengaturan lokasi parkir, hingga shuttle bus yang disediakan untuk menghindari penonton menggunakan kendaraan pribadi.

Di Jakarta, Danang mengungkapkan kegiatan berskala internasional justru hanya dimanfaatkan untuk uji coba kebijakan lalu lintas dan menjustifikasi manajemen transportasi yang bersifat permanen.

Uji coba kebijakan lalu lintas tersebut seperti pembatasan truk di ruas tol dalam kota, hingga rencana pembatasan penggunaan kendaraan berdasarkan plat nomor dan warna yang belakangan dibatalkan.

Danang menambahkan Jakarta dan kota-kota besar lainnya sudah harus siap menjadi kota jasa di mana pelayanan publik harus menjadi prioritas. Selain itu, Dia berharap kegiatan SEA Games tidak boleh mengganggu kelancaran aktivitas warga lainnya.

“Lalu lintas sering lumpuh karena tidak adanya rencana manajemen transportasi,”ujarnya pada jumpa pers hari ini.

Danang mengusulkan pemerintah daerah menyusun standard operating procedures (SOP) dalam perencanaan manajemen transportasi guna mengatasi kekacauan pengaturan lalu lintas.(api)

Sumber : Bisnis Indonesia, 03.10.11.

[English Free Translation]
MTI : There is no transportation management for SEA Games 2011 – Palembang.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...