Monday, July 8, 2019

[KU-189/2019] Percepat Pembangunan Sarana Transportasi, Pemkab Siapkan Moda Kereta Api


Bojonegorotoday.com_ Sebentar lagi, Bojonegoro mempunyai moda transportasi kereta api sendiri. Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah hari ini, Senin (08/07) menjajal Kereta api buatan PT INKA model Diesel Multiple Unit (DMU), dari Bojonegoro hingga Kalitidu. DMU sendiri adalah salah satu model kereta api yang akan diekspor ke Filipina.

Untuk merealisasi program ini, Pemkab Bojonegoro melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Bojoengoro dengan Pt. INKA (Persero).

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk sinergitas Pemkab Bojonegoro dengan PT. INKA sebagai tindak pelayanan kepada masyarakat di bidang percepatan transportasi.

“Pemkab ingin menyediakan transportasi yang cepat, aman serta murah,” jelas Bupati.

Selain itu, pembangunan infrastruktur transportasi ini karena Bojonegoro adalah wilayah perbatasan dimana tidak ada bandara, yang mungkin nantinya akan ada di Blora.

“Kita perlu menyediakan transportasi kereta api.”, jelas Bupati.

Yang penting, lanjut Bupati, dalam pelaksanaannya, mulai dari perencaanan, anggaran hingga realisasi adalah semua harus ada transparansi, akuntabilitas serta tanggung jawab sehingga masyarakat benar menjadi prioritas.

Hadir dalam acara ini, Pj. Sekda, Asisten Ahli II, Dinas PU Bina Marga, Dinas Perhubungan, Bagian Hukum dan Perundang-Undangan, Bappeda, Bappenda, BKD, Camat Kalitidu dan rombongan PT. INKA, serta anak-anak Panti Asuhan Nurul Rohmah.

Budi Noviantoro, Direktur PT. INKA mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan Bupati Bojonegoro dengan PT. INKA yang membahas masalah transportasi di Bojonegoro.

“Rencananya Bupati juga akan memberikan Buweana Express untuk masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap agar proses pengadaan keretanya bisa lancar, agar masyarakat juga dapat menggunakannya.

Untuk diketahui, kereta api yang diproduksi oleh PT INKA seperti yang sedang diuji coba ini, sedang memperluas pangsa ekspor ke Asia Selatan maupun ke Afrika.

Pada kesempatan ini, PT. INKA juga memberikan bantuan CSR senilai 100juta rupiah untuk masyarakat di sekitar.

“Semoga kami juga bisa rutin mengadakan kegiatan CSR ini, dimana sesuai UU ini merupakan kewajiban kami kepada masyarakat sebagai perusahaan negara.” pungkasnya.

Sumber : BojonegoroToday.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...