Saturday, July 6, 2019

[KU-187/2019] Hidupkan Kembali Stasiun Semut


SURABAYA : Sambil memandang fasad bangunan Sta Semut di hadapannya, ingatan Katamsi seketika tertuju pada 1992. Yaitu, ketika stasiun yang dibangun pada 1870 itu harus ditutup. Juru parkir (jukir) Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya yang sudah bertugas di arca tersebut lebih dari 20 tahun itu sontak kaget.


Hari-hari Katamsi yang biasanya disibukkan keramaian Sta Semut berubah sepi. Dia lantas beralih jadi jukir di area Pasar Atom. Namun, pria 60 tahun itu kini senang. Sebab, stasiun pertama yang menghubungkan Surabaya-Malang tersebut akan dihidupkan kembali oleh KAI. 

Rencana untuk menghidupkan kembali Sta Semut disampaikan Manajer Humas Daop 8 Suprapto. Usaha itu terlihat sejak serah terima hasil pekerjaan restorasi dari PT Senopati Perkasa (SP) kepada KAI Kamis (20/6). 

KAI langsung menyusun langkah-langkah untuk menghidupkan stasiun tersebut. Suprapto menuturkan, langkah pertama yang akan ditempuh ialah pembersihan bangunan dalam beberapa pekan. Setelah itu, akan ada penataan ruang tunggu. 

"Mulai kursi, toilet, loket pendaftaran, sampai pendingin ruangan," ucapnya. "Paling tidak, standar pelayanan minimum terpenuhi," ungkapnya. Di bagian lain, pihaknya juga tengah menyiapkan beberapa kereta yang akan beroperasi. "Tapi, ini khusus kereta komuter," katanya. 

Kereta yang dimaksud, antara lain, KA Penataran (Surabaya-Sidoarjo-Malang-Blitar), Dhoho (Surabaya-Mojokerto-Blitar), Tumapel (Surabaya-Malang), dan KRD Sidoarjo (Surabaya-Sidoarjo).
 
Empat KA itu segera dioperasikan setelah seluruh persiapan layanan rampung. Dengan dihidupkannya stasiun yang sekarang bernama Stasiun Surabaya Kota tersebut, dia berharap perekonomian warga sekitar terdongkrak.

Sumber : Jawa Pos, 24.06.19 / Foto : Eastjava.com.

[English Free Translation]
Plans to revive Stasiun Semut  (or Ants Station ?) delivered by Daop 8 Public Relations Manager Suprapto. The effort was seen since handing over the results of the restoration work from PT Senopati Perkasa (SP) to KAI on Thursday – June 20th.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...