Tuesday, March 27, 2018

[KG-xxx/2018] H1 Training Angkutan B3 + Limbah B3


BeKaSi : Selama 3 (tiga) hari berturut-turut, karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Kereta Api Logistik (KALOG) bakal digembleng di BPTP Sofyan Hadi Bekasi, guna mengikuti pembekalan terkait rencana angkutan B3 dan Limbah B3 menggunakan moda kereta api (KA).

Program ini telah dirintis sejak 2-3 tahun ke belakang namun rupanya perlu perjuangan lebih disbanding dengan moda lain yang sudah secara otomatis tercantum dalam peraturan menteri, sedangkan moda kereta api (KA) selalu terlambat dilirik. Pffffuih.

Hingga saat ini, mayoritas angkutan limbah B3 didominasi oleh moda truk. Bisa jadi angkutan limbah B3 berbasis KA bisa dihitung jari, saking minimnya. Padahal angkutan BBM yang mudah meledak berlalu-lalang dijalan raya dan tengah kota pula.

Alhamdulillah proses edukasi berjalan terus hingga tercetus untuk melaksanakan pelatihan ato workshop agar insan perkeretaapian bisa lelih memahami saat menangani muatan B3 dan limbah B3 di kemudian hari.

Workshop ini mendapat dukungan penuh, gak cuma dari manajemen PT KAI dan KALOG tetapi juga instansi yang selama ini sangat peduli dengan isu lingkungan hidup yakni KLHKKemenhub DJKA dan juga salah satu penyelenggara angkutan yakni PPLI.

Program pelatihan ini merupakan yang pertama diadakan di lingkungan kereta api dan klo gak ada halangan berarti, seharusnya angkutan rutin limbah B3 sudah bisa dimulai di bulan April 2018.

Acara pelatihan ini dimulai hari Selasa tgl 27/03 dan akan berlangsung hingga hari Kamis tgl 29/03/2018 di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian Sofyan Hadi (BPTP SH) Bekasi. Semoga mancarli. Bravo!


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
For 3 (three) consecutive days, employees of PT Kereta Api Indonesia (Persero) and PT Kereta Api Logistik (KALOG) will be trained at BPTP Sofyan Hadi Bekasi, to follow the provision related to waste transport (dangerous and toxic) using train mode.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...