Thursday, March 1, 2018

[KG-xxx/2018] FGD Penurunan Biaya Logistik - 28/02/18



JaKaRTa : Undangan menjadi nara sumber di acara FGD yang diadakan oleh Kementerian Kemaritiman di Jakarta, membuat pontang-panting juga dalam menyiapkan bahan untuk presentasi. 

Harapannya, masyarakat luas semakin paham akan eksistensi moda angkutan berbasis kereta api (KA), khususnya angkutan barang, gak cukup sekedar tahu lagi. Pengetahuan nanggung membuat orang menilai salah kaprah terhadap KALOG, khususnya.

Kementerian ato lembaga tertinggi yang menaungi kebijakan perkeretaapian di Tanah Air mengakui bahwa suatu hari moda KA akan menjadi primadona angkutan barang, selain angkutan penumpang.
 
KALOG sebagai salah satu operator KA Barang saat ini, bertugas memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain, itulah aktifitas logistik yang diperankan oleh anak perusahaan PT KAI selama hampir 8 (delapan) tahun ini.

Tuntutan untuk memindahkan muatan barang dari truk ke moda KA dari para pemilik barang, perlu sosialisasi dan edukasi berkelanjutan. Masih banyak yang belum paham bahwa KA bisa mengangkut barang, mulai dari skala kecil, menengah hingga besar dan mulai dari mana ditujukan kemana.

Udk, kontribusi angkutan KA di Tanah Air sekarang ini baru berkisar di angka 1-2 persen dari total angkutan barang di republik ini. Trucking mendominasi diatas 90 persen sementara angkutan udara + kapal laut harus berbagi peran akibat kondisi geografi wilayah di Indonesia yang sangat luas cakupannya dan didominasi air.

Harus diingat, angkutan KA barang saat ini fokus di area Sumatera sedangkan di Pulau Jawa harus berpacu dengan misi sosial pemerintah mengangkut penumpang sebanyak yang bisa diangkut, disesuaikan dengan kapasitas angkut KA yang ada.

Dokumentasi kegiatan FGD terlampir. Yang menjadi nara sumber FGD bertema menurunkan biaya logistik ini, pada hari Rabu tgl 28/02 di Hotel Sari Pan Pacific, diantaranya: Bank Dunia, KALOG, Cikarang Dry Port (CDP) dan Kementerian Perdagangan RI.

Para pengamat transportasi, perwakilan asosiasi, praktisi dan akademisi turut hadir, selain sejumlah pejabat dilingkungan Kementerian Kemaritiman dan Kementerian Perhubungan juga menghadiri acara FGD ini.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Wednesday, 28/02 at Sari Pan Pacific Hotel, Ministry of Maritime invited resource persons: World Bank, KALOG, Cikarang Dry Port (CDP) and Ministry of Trade of RI in the forum group discussion (FGD) themed cost reduction in logistics sector.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...