Tuesday, September 19, 2017

[KG-xxx/2017] FGD Pelabuhan Patimban – 18/09/17



JaKaRTa : Pembicaraan mengenai rencana pembangunan pelabuhan Patimban di Subang sudah berulang kali bergulir. Kini kali pertama dimasukkan oleh KPPIP untuk didiskusikan lebih lanjut pada hari Senin tgl 18/09/17.

Kajian pembangunan pelabuhan Patimban sendiri, kabarnya telah melibatkan JICA dan menurut mereka feasible. Tinggal KPPIP meminta masukan dari para stakeholders untuk memastikan akses jalannya memadai.

Seperti diketahui, saat ini hingga 2 (dua) tahun kedepan dipastikan arus lalu lintas dari kawasan Karawang dan sekitarnya masuk ke Jakarta – dimana pelabuhan Tanjung Priok berada – akan macet luar biasa.

Sejumlah pengusaha kawasan industri pun sudah meminta kepada pemerintah maupun PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk membangun jalur kereta api masuk ke dalam kawasan mereka.

Persoalan menjadi tidak sederhana karena ketentuan yang mengatur regulasi tersebut ada di Kementerian Perhubungan – Dirjen KA sehingga perlu kajian lebih dalam apakah dimungkinkan untuk jarak dekat pun bisa dibuat semacam dry-port.

Hasil diskusi dibagikan secara internal dan dokumentasi terlampir.


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Discussion about the Patimban port development plan in Subang has repeatedly rolled. Now the first time KPPIP has made a forum group discussion (FGD) to get more detailed input from stakeholders and observers.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...