Sabtu, 16 Juli 2016

[KU-193/2016] ‘Berkarat’ di Kereta Tua.

JAKARTA: PT KAI belum lama ini disentil Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Operator tunggal perkeretaapian di Tanah Air itu membiarkan ‘ular besi’ berusia tua terus melaju di atas rel. Sentilan itu disampaikan Jonan kala ia mengunjungi Stasun Pasar Senen yang menjadi pusat keberangkatan kereta api kelas ekonomi.

Jonan mendesak badan usaha milik negara itu segera mengganti kereta yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Permintaan itu jelas tak bisa dianggap sepele, karena memang sekitar 800 dari 1.600 kereta yang dimiliki KAI sudah berusia senja.

Artinya, perusahaan harus mengganti 51% kereta miliknya, jika ingin mengikuti perintah Menteri Jonan. KAI tentu harus memikirkan strategi yang tepat untuk dapat merealisasikan permintaan Menteri Jonan di tengah keterbatasan dana, karena perusahaan juga sedang terlibat dalam pembangunan kereta api cepat Bandung yang menyedot banyak anggaran.

Djoko Setijowarno, Pakar Tata Kota dan Transportasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengatakan permintaan untuk mengganti kereta yang sudah berusia lebih dari 30 tahun merupakan hal yang baik. Pasalnya, hal itu terkait langsung dengan aspek keselamatan dalam transportasi masal.

“Memang kereta yang usianya sudah lebih dari 30 tahun itu sudah harus diganti. Hanya saja selama ini kereta milik KAI banyak yang sudah lebih dari 30 tahun, terutama kereta kelas ekonomi, dan itu memang harus diganti,” katanya, Rabu (22/6).

Meski demikian, penggantian kereta yang sudah tua itu tidak boleh sampai mengganggu operasional KAI. Perseroan harus menyusun agenda peremajaan kereta, sehingga tidak merugikan masyarakat pengguna kereta api.

Sumber : Bisnis Indonesia, 24.06.16.

[English Free Translation]
PT KAI has recently quipped by Transport Minister Ignasius Jonan. The single operator in the country's railways let 'iron snake' old age kept going on the tracks. Jonan’s scolding was delivered when he visited stasun Pasar Senen.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

    BalasHapus