Monday, May 27, 2013

[KU-144/2013] Ikon Baru Kota Palembang

PALEMBANG – Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang berusaha mempercantik tampilan Metropolis melalui penambahan taman kota. Uniknya, untuk taman kota di Jl Jenderal Sudirman, kawasan RS RK Charitas, dibangun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi ikon baru Palembang.

Di sana, telah selesai dipasang huruf-huruf besar berbahan stainless steel bertuliskan PALEMBANG. Di bawahnya, dibuat taman berundak terdiri dari beberapa tingkat. Pada malam hari, cahaya lampu tampak menerangi taman baru ini. Tak salah kalau tempat ini mulai jadi pilihan masyarakat untuk background foto.

Kabid  Pertamanan DPJPP Palembang, Komaruddin mengatakan, pihaknya sudah sejak 2008-2009 ingin membangun taman kota yang refresentatif di tempat tersebut. Hanya terkendala dana yang minim. Baru mulai 2012 diwujudkan pengerjaan fisiknya. ”Dana dari APBD Kota Palembang sekitar Rp2,6 miliar,” ucapnya, kemarin.        
 

Menurutnya, pembangunan turap di titik itu harus dilakukan karena yang lama sudah ”tua” dan banyak dinding yang pecah. ”Sebelumnya, di sana hanya turap penahan yang bersifat statis. Sekarang  kita ganti dengan taman kota yang indah,” bebernya. 
 

Taman kota di kawasan Charitas itu panjangnya 150 meter dan lebar 5 meter, dibangun bertingkat. Di sana ditanam beragam tanaman hias. Semakin hidup dengan beberapa lampu berwarna, batu alam,  air, lampu sorot dan tulisan PALEMBANG. ”Sengaja dirancang agar menarik,” imbuh Komaruddin.
 

Saat ini, Palembang sudah memiliki 250 taman kota yang tersebar pada hampir seluruh kecamatan. Tak hanya itu, pihaknya juga sedang mempersiapkan penggantian warna keramik air mancur BKB. "Perbaikannya kita mulai Juni nanti," cetusnya.
 

Ia berharap, masyarakat dapat ikut menjaga kondisi taman-taman kota yang sudah dibangun pemerintah ini agar tetap menarik dan bersih. Sedangkan dana untuk merawat seluruh taman yang ada diperlukan dana sekitar Rp200 juta per tahun. "Taman harus dirawat. Di BKB itu sudah fatal rusaknya," tukas Komaruddin.(yun/ce2)


Sumber : Sumatera Ekspres, 24.05.13.

[English Free Translation]
Street Lighting, Parks and Cemetaries Department or Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang trying to build Metropolis impression through the addition of a city park. Over there, has been finished mounted letter-uppercase letter made from stainless-steel that read "PALEMBANG" and eventually going to be icon of Palembang.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...