Thursday, May 2, 2013

[KU-119/2013] Kabar Dari KAI Divre 3 Sumatera Selatan


Sumatera Ekspres : KA "SMS"  Berangkat Malam. Saat ini kereta ekonomi sudah diubah menjadi kereta ekonomi AC. Divre 3 akan mengkombinasikan KA Sindang Marga dan Serelo tujuan Kertapati-Lubuklinggau menjadi 1 KA saja yakni KA SMS (Sindang Marga Serelo).

Penerapan ini dimulai 1 Juni 2013. Manajer Humas Divre 3 mengatakan, adanya kombinasi itu menyebabkan KA ekonomi rute Kertapati-Lubuklinggau yang berangkat pagi akan dihapuskan, nanti KA SMS hanya akan berangkat pada malam hari, pukul 21.00 WIB.

Selama ini untuk rute Kertapati-Lubuklinggau dilayani 2 kali, pagi (kelas ekonomi) dan malam (kelas bisnis dan eksekutif) dengan KA Serelo dan KA Sindang Marga.

Harga tarif tergantung ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. "Ada tarif batas bawah dan batas atasnya", ujarnya. KA SMS akan menggunakan 4 gerbong ekonomi, 2 kelas bisnis dan 2 kelas eksekutif.

Namun tidak menutup kemungkinan gerbong yang dioperasionalkan lebih dari itu, kalau penumpang ramai gerbongnya akan ditambah. Pihaknya dapat melakukan penambahan gerbong jika memang diperlukan.

Perubahan ini hanya untuk rute Kertapati-Lubulinggau, tidak untuk rute Kertapati-Tanjungkarang yang dilayani KA Rajabasa dan Limex Sriwijaya. Jadi KA Limex Sriwijaya tetap terdiri dari kelas bisnis dan eksekutif, berangkat pukul 20.00 WIB, sedangkan untuk KA Rajabasa khusus ekonomi berangkat pukul 08.00 pagi. Divre 3 juga akan melakukan penambahan gerbong menjadi 1.200 unit hingga akhir tahun mendatang.

Penambahan ini untuk memenuhi target angkutan 25 juta ton batubara. Sebagian sudah ada yang tiba, dan akan ditambah lagi. Kondisi sekarang, jumlah angkutan barang yang dilayani KA masih didominasi batubara milik PT BA. Khusus batubara, PT KAI menargetkan angkutan 22,7 juta ton dari PT BA, selebihnya dapat digunakan pihak swasta lain dari Lahat.

PT KAI biasanya menggunakan sekitar 60 gerbong KA Babaranjang dengan frekuensi 15x jalan, yang merupakan batas maksimal operasional KA babaranjang karena keterbatasan rel yang ada saat ini. "Jika jalur ganda yang sedang dalam pengerjaan selesai dengan cepat, maka kapasitas angkut semakin besar," ujarnya.

Sumber : Sumatera Ekspres, 30.04.13

[English Free Translation]
Currently economic train carriage has been converted into AC economy. Regional Division 3 South Sumatera will combine KA Sindang Marga and Serelo in route Kertapati-Lubuklinggau to be one train only, SMS (Sindang Marga Serelo).

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...