Thursday, February 21, 2013

[KU-051/2013] Pelabuhan TAA Dikelola UPTD


PALEMBANG – Operasional pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) 5 Mei mendatang akan dilengkapi dengan layanan perbankan. Keberadaan jasa bank di sekitar pelabuhan akan sangat membantu aktivitas masyarakat, khususnya penumpang terkait keperluan uang tunai.
  
“Pelabuhan TAA memang akan didukung pelayanan perbankan, dalam hal ini dari Bank SumselBabel (BSB). Ini akan melengkapi prasarana pendukung kegiatan operasional di sana,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Sumsel, Musni Wijaya SSos MSi, kemarin.
    
Dikatakan, pemprov sumsel telah memastikan kesiapan pihak BSB membuka jasa layanan di pelabuhan TAA. Musni mengatakan, ruangan di kantor pelabuhan TAA untuk menunjang layanan perbankan tersebut sudah disiapkan.

”Ruangan itu berada di lantai dasar gedung terminal penumpang,” ujarnya. Hingga saat ini, yang masih ditunggu hanya proses perizinan dari Bank Indonesia (BI). Dibeberkan Musni, pelabuhan tersebut nantinya dikelola oleh Dishubkominfo Sumsel melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Pelabuhan Laut dan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (PPALSDP).

Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) di UPTD PPALSDP merupakan para PNS kualifikasi ASDP. “Mereka akan dibantu tenaga honorer tetap dan tenaga kerja sukarela (TKS), jumlahnya 42 orang. Mereka semua akan mendapatkan bantuan dari pihak operator pelayaran yang akan beroperasional di pelabuhan tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, yang diutamakan terlebih dahulu adalah pemindahan operasional pelabuhan penyeberangan 35 Ilir ke pelabuhan TAA. “Jika berjalan lancar, selanjutnya menyusul,”katanya. Dengan pindah ke TAA, jarak tempuh pelayaran menuju provinsi Babel akan semakin singkat.(rip)
    

Sumber : Sumatera Ekspres, 18.02.13.

[English Free Translation]

Operationalization port of Tanjung Api-Api (TAA) on May 5 will be equipped with banking services. The existence of banking services around the harbor will help community activities, especially related to passenger needs cash.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...