Sunday, February 3, 2013

[KU-034/2013] Pembangunan Pabrik Kertas Terbesar di Asia


SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG-Pembangunan pabrik kertas terbesar  di Asia yang akan dibuka perusahaan PT OKI Pulp & Paper Milss di Desa Jadi Mulya, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kini mulai disosialisasikan ke masyarakat Air Sugihan. Karena dalam waktu dekat pabrik tersebut mulai dibangun.

Wakil Dirut PT OKI Pulp & Paper Milss, Gadang Hasta Hertawan bahwa,kehadiaran industry kertas terbesar di Asia ini menjadi harapan ribuan warga Air Sugihan karena, akan memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi masyarakat seperti terbukanya lapangan kerja, peluang usaha serta yang lebih penting akan tersedia fasilitas umum.

“Jika industri kertas ini sudah beroperasi, maka sdikitnya kami membutuhkan 30.000 tenaga kerja. Dengan demikian akan tercipta lingkungan yang baru yang secara otomatis akan meningkatkan laju perokonomian di Air Sugihan,” kata Gadang.

Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM, Minggu (2/2/2013) mengatakan, jika sebelumnya wilayah Air Sugihan sering terjadi kebakaran hutan dan pembalakkan liar yang telah merusak ekosistem hutan di kawasan Pantai Timur OKI ini, dengan adanya Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kabupaten OKI telah menyumbang karbon terbesar di Sumatera.

“Dahulu kita adalah penyumbang asap terbesar di Sumatera bahkan sampai ke Singapura, hingga akhirnya kita buka lahan HTI, hutan kita terselamatkan dan masyarakat memiliki mata pencaharian,” kata Ishak Mekki yang juga mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumsel.

Ishak berharap pembangunan industri kertas PT OKI Pulp & Paper Milss dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Air Sugihan, memberikan peluang kerja dan peluang usaha serta fasilitas umum. 

“Besar harapan kita semua kehadiran PT OKI Pulp & Paper Milss memberikan dampak positif bagi masyarakat di Air Sugihan ini, terutama untuk pembangunan infrastruktur dan lapangan pekerjaan,” harap Ishak Mekki.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten OKI, Alibudin, bahwa pabrik tersebut berkapasitas 2,6 juta ton  per tahun, akan dibangun pada awal Februari, Investor dari Hongkong yang menginvestasikan dana sebesar Rp 27 triliyun dan perusahaan ini. Dari lahan 350 ribu hektar HTI di OKI  saat ini, pihaknya sudah siapkan lahan 2800 ha untuk operasional pabrik, 1500 ha akan menjadi lahan pabrik sisanya akan menjadi ruang terbuka hijau 3 persen invrastruktur 5 persen dan prasarana umum 5 persen.

“Air Sugihan itu yang selama ini merupakan penduduk termiskin di OKI yang warganya banyak bekerja di luar, nanti akan kembali karena berdasarkan perhitungan kita dengan adanya pabrik ini akan menyerap sekitar 30 ribu tenaga kerja,” sebut Alibudin.

Warga Kecamatan Air Sugihan juga menyambut hangat rencana pembangunan industri kertas tersebut. “Kami yakin kehadiran industri ini akan meningkatkan taraf hidup warga yang selama ini terisolir,” ungkap Dindin Syarifuddin tokoh masyarakat Desa Jadi Mulya.


Kades Jadi Mulya, Kecamatan Air Sugihan, Herlan Aperiansyah, bahwa akses transportasi jalan, jembatan dan penerangan menjadi masalah utama warga yang tinggal di perairan termasuk di Air Sugihan. Puluhan tahun mereka terisolir oleh kendala geografis ini. “Kami di sini hanya berharap dengan
 bupati  untuk pembangunan jalan, jembatan dan penerangan,” tandasnya.

Sumber : Sriwijaya Post, 03.02.13.

[English Free Translation]
Construction of the largest paper mills in Asia will be opened soon, PT OKI Pulp & Paper Mills in the village Jati Mulya, Air Sugihan District, Ogan Komering Ilir (OKI), and now in the beginning to be socialized into the Air Sugihan community. Because in the near future the plant being built.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...