Wednesday, February 27, 2013

[KG-057/2013] Uji-Coba Angkutan Kontainer Hi-Cube Dengan KA


Setelah sempat tertunda-tunda akibat wacana yang berkembang namun tidak mengenyampingkan faktor keselamatan dan keamanan angkutan barang menggunakan kereta api (KA) maka belum lama ini dilakukan uji-coba, dari Jakarta menuju Surabaya.

Berbekal 2 (dua) unit kontainer ukuran 40 feet hi-cube (high cube), pinjaman salah satu pelayaran domestik, terjawab sudah secara otomatis. Sebenarnya, pengiriman kontainer hi-cube itu bisa dilakukan, demikian pula sebaliknya nanti.

Kebetulan uji-coba yang sudah dilakukan baru dari Jakarta menuju Surabaya dan dalam waktu dekat akan diuji-coba dari Surabaya menuju Jakarta. Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengevaluasi kendala maupun antisipasi yang memungkinkan.

Uji coba pertama yang sempat dioperasikan, menggunakan KA KLB (Kereta Luar Biasa) dengan SF 8 PPCW (atau bisa memuat 16 kontainer 20 feet atau 8 kontainer ukuran 40 feet, termasuk hi-cube). Dua unit kontainer hi-cube yang menandai uji coba : SIKU 5939461 dan SIKU 5938758.

TD SAO (stasiun Sungai Lagoa, Jakarta) 03.40 14/02 dan TA KLM (stasiun Kalimas, Surabaya) 23.20 14/02. Berikut ini salah satu foto dokumentasi hasil uji-coba angkutan kontainer hi-cube. 

Enjoy.

Sumber / Foto : KALOG.

[English Free Translation]
On 14/02 PT Kereta Api Indonesia (KAI) container transport tested hi-cube 40 feet on the route Jakarta - Surabaya. The results are still under study and will be socialized immediately.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...