Sunday, December 30, 2012

[KU-311/2012] Pesan Dirut KAI Di Penghujung Tahun 2012



2012 -  Tahun Penuh Perbaikan dan Penuh Penghargaan (untuk disebarkan sampai ke akar rumput)

Rekan-rekan dimanapun Anda berada,

Tanpa terasa, kita sudah berada dipenghujung tahun 2012 yang sebentar lagi akan kita lewati.

Sudah banyak perbaikan yang kita lakukan dan masih banyak lagi yang memerlukan kerja keras dan sungguh sungguh untuk perbaikan yang sesuai tuntutan zaman.

Saya sangat berterima kasih kepada kalian semua yang telah membuat KAI terpilih sebagai BUMN paling inovatif 2012, BUMN yang menjadi favorit Serikat Penerbit Surat Kabar, dan berbagai penghargaan baik bidang GCG, SDM  maupun bidang manajemen Resiko.

KAI juga terpilih menjadi BUMN dengan pelayanan publik terbaik mengalahkan Telkom, PLN dan Garuda !!

Saya, selaku dirut KAI yang mewakili 28 ribu insan KAI, juga memperoleh penghargaan sebagai salah satu Dirut terbaik di acara BUMN award, salah satu dari 6 Dirut. BUMN terbaik pilihan Tempo, Marketer terbaik Indonesia di bidang Transportasi dan Logsitik oleh Asosiasi Marketer Indonesia, serta salah satu insan yang berhasil mengubah bisnis menjadi lebih baik pilihan Majalah SWA. 

Secara spesifik kesemuanya itu terjadi karena adanya online ticketing, internet ticketing, layanan call center 121, serta kebersihan semua stasiun (kecuali stasiun khusus KRL), kebijakan 1 pnp - 1 td (baca: 1 penumpang 1, tempat duduk), serta sistem boarding yg menghapus mayoritas percaloan.

Beberapa kejadian yang amat memalukan yaitu adu lokomotif di Divre 3, berbagai anjlogkan  di Divre 3, rel patah yg menyebabkan ajlogkan di Cilebut, serta tergulingnya Pramex karena buruknya perawatan Pramex.

Kejadian tersebut diatas tidak boleh terulang lagi, harus ada kepedulian semua insan KAI yang lebih baik. 

Sebagai contoh,  saya sering menjumpai pegawai PUK di sebuah stasiun yg membiarkan asongan naik ke atas KA, mengapa ini terjadi? Apakah pegawai PUK tidak sadar bahwa mayoritas pnp berkeberatan atas kehadiran asongan itu? Kalau dibiarkan maka pnp akan kecewa dan selanjutnya akan pelan2 meninggalkan KA utk beralih ke moda lainnya atau sekurangnya tidak bersedia menerima kenaikan tarif.

Pendapatan meningkat sekitar 17% dari tahun lalu dan secara kumulatif pendapatan telah meningkat sekitar 80% sejak tahun  2008, namun biaya tenaga kerja telah meningkat sebesar 240% sejak 2008 !! 

Saya tetap ingin ada pertumbuhan pendapatan sekitar 20% per tahun dan perbaikan kualitas layanan penumpang dan barang sekitar 20% per tahun yaitu lok mogok berkurang 20%, keluhan pelanggan atas kualita sarana dan prasarana berkurang 20% serta kelalaian/kesalahan operasi berkurang sebesar 20% dan niscaya PLH berkurang sebanyak 60% dari tahun sebelumnya.

Di tahun 2013 akan diawali dengan peningkatan disiplin operasi dan disiplin pengelolaan aset perusahaan termasuk sterilisasi stasiun, layanan di stasiun dan di atas KA yang tertib dan tegas, serta penerapan e-gate utk e -ticketing KRL dan KA Bandara.

Perbaikan sarana dan prasarana yg memerlukan terobosan moralitas dan kreativitas amat diperlukan. Dan TIDAK bisa ditawar dalam perbaikan layanan di 2013. Kewajaran harga satuan dan tindak koruptif dilapangan harus dihindari.  Maju terus sesuai aturan, jangan takut, KAI akan membela sapai dimanapun sepanjang kita mengambil manfaat hanya untuk KAI. 

Lanjutan pengembangan KA Basoetta, Prasarana Divre 3, angkutan barang di Jawa dan pengembangan angkutan KRL di Jabodetabek menjadi fokus di 2013.

Bayangkan stasiun Depok dan Bekasi, Duri, Pocin, dan Bogor jauh lebih kumuh dibandingkan Stasiun Susuhan atau Sta Wonosari, benar2 amburadul Divisi Jabodetabek dimasa lalu!

Anak perusahaan diperkirakan anak memberikan  7% dari pendapatan KAI dan 10% dari laba bersih KAI secara konsolidasi, ini bukti yang luar biasa secara produktivitas karena jumlah personil organik hanya 3% dari total personil organik KAI.

Sekali lagi, saya wajibkan semua insan KAI, TERMASUK anak perusahaan,  harus lebih disiiplin, lebih tegas, lebih bersih dan lebih proaktif dalam menjalankan tugas di 2013. Disiplin dimulai dari diri sendiri.

Khusus di tingkat pimpinan mulai ka upt crew, kaupt stasiun, dan yang lebih senior, berkewajiban membina anak buahnya dengan rapi dan tegas. Menjadi pemimpin adalah menjadi panutan.

Saya ingin menjadi BUMN terbaik lagi di 2013. Kita harus bisa !

Selamat tahun baru 2013 dan tetap waspada dan tawakal serta terus maju!

Ingat, satu perbaikan kecil di dalam hidup dan tugas  setiap hari bagi setiap insan KAI. Mudah khan? Yang tidak dapat mengikuti perkembangan KAI, sangat disarankan untuk mengambil pensiun dini, jangan buang waktu karena waktu adalah yang paling berharga yang pernah diberikan oleh Tuhan  YME.

Bersama kita bisa !

Salam Hangat dan Selamat Tahun Baru 2013. 

Ignasius Jonan.

[English Free Translation]
Towards year end, President Director of PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan convey evaluation in 2012 and hopes in 2013. Congrats and Good Luck !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...