Wednesday, December 12, 2012

[KU-297/2012] Penunjang Dermaga Kertapati Palembang


PALEMBANG – Dibantu dana APBN, Pemkot Palembang mulai mewujudkan moda transportasi terintegrasi antara angkutan sungai, darat dan kereta api. Saat ini, sedang dibangun halte untuk bus air di dermaga 16 Ilir. Proyek itu dibiayai Kementerian Perhubungan, pilot project pertama di Tanah Air.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Masripin melalui Kabid Transportasi Rel dan Jalan, Agus Supriyanto mengatakan, pembangunan halte bus air di dermaga 16 Ilir sebagai upaya untuk memberikan pelayanan transportasi yang terpadu bagi masyarakat. "Nanti, semua transportasi dapat  terkoneksi secara terpadu," ujarnya, kemarin.

Saat ini, pembangunan halte bus air itu masih dilakukan. "Kita targetkan, pembangunan selesai akhir Desember sesuai dengan tutup buku anggaran. Kalaupun belum selesai, pihak pusat akan menganggarkan kembali dananya pada tahun depan. Untuk sekarang, dana yang dibantu sekitar Rp1,8 miliar," ungkap Agus.

Menurutnya, pembangunan halte tersebut melengkapi dan menunjang pembangunan dermaga di Kertapati, dalam kawasan stasiun kereta api. "Nantinya, bagi masyarakat dari 16 Ilir yang mau ke stasiun kereta api Kertapati  dapat naik bus air dari halte itu. Begitupun dari stasiun, dapat meneruskan perjalanan dengan bus air ke halte tersebut, lalu melanjutkan dengan bus Transmusi. Jadi nanti saling terintegrasi," bebernya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Ir Eddy Santana Putra mengatakan pembangunan moda transportasi yang terintegrasi merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat. "Kita inginnya masyarakat dapat menggunakan transportasi secara massal. Dengan begitu, problem kemacetan lalu lintas dapat terurai," imbuhnya. (cj7/ce2)

Sumber : Sumatera Ekspres, 12.12.12.

[English Free Translation]
Assisted by state funds, Palembang City Government began to realize the integrated transportation between river transport, road and rail. Currently, under construction for water-bus stop at the dock 16 Ilir. The project was financed by the Ministry of Transportation, the first pilot project in the country.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...