Thursday, December 27, 2012

[KU-309/2012] Jalan Tol Kayuagung-Lampung Segera Dibangun


SRIPOKU.COM, KAYUAGUNGPemerintah Kabupaten Ogan  Komering Ilir (OKI) lagi gencar-gencarnya membangun jalan tol Kayuagung-Jakabaring kemudian Kayuagung-Lampung, dalam waktu dekat akan menginventarisasi lahan yang akan dilintasi rute jalan tol.

Sebab itu, Januari 2013 mendatang akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemilik tanah yang terkena rute tol.

Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM mengatakan, pihaknya mengupayakan dalam waktu dekat proses ganti rugi lahan yang terkena rute Tol Kayuagung-Lampung bisa dilaksanakan secepatnya. “Januari kita tergetkan sudah melakukan MoU dengan para pemilik tanah, terutama perusahaan perkebunan kelapa sawit, karena rute tol tersebut pasti akan melalui perkebunan,” kata Ishak Mekki.

Pembangunan tol Kayuagung-Lampung menurut Ishak Mekki sudah sangat mendesak, mengingat intensitas kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) di Kabupaten OKI kian hari semakin ramai, hal ini kerap menjadi masalah bagi para pengguna jalan, dimana kemacetan setiap saat tidak dapat terhindarkan lagi baik akibat dari kecelakaan lalulintas maupun karena kendaraan yang mengalami kerusakan.

“Jalan tol Kayuagung-Jakabaring sekarang ini masih dalam tahap pelaksanaan. Demikian Jalan Tol Kayuagung-Lampung dalam waktu dekat akan dilakukan MoU dengan masyarakat yang tanah terkena pengembangan jalan tol,” kata Ishak Mekki, Selasa (25/12/2012). 

Terlaksana atau tidak pembangunan jalan tol, ungkap Ishak Mekki yang jelas pihaknya sangat optimis jika proses ganti rugi lahan yang akan terkena rute tol bisa berjalan dengan cepat tanpa ada halangan. “Seperti sebelumnya proses ganti rugi lahan yang terkena rute tol Kayuagung-Jakabaring bisa kita selesaikan dengan baik dan cepat, begitu juga dengan proses ganti rugi lahan tol Kayuagung-Lampung bisa selesai dengan cepat pula,” ujar Ishak Mekki.

Pembangunan infrastruktur jalan tersebut, guna mengatasi persoalan kepadatan kendaraan dan kemacetan kendaraan. Maka itu, pemerintah menggagas pembangunan jalan Tol Kayuagung–Lampung sebagai salah satu alternative, rencana pembangunan jalan tol ini merupakan program lanjutan dari pembangunan jalan Tol Kayuagung – Jakabaring yang saat ini sudah dimulai pengerjaannya.

“Kita harap Kayuagung-Lampung dapat terhubung dengan jalan tol yang kemudian dapat diteruskan oleh Pemprov Lampung sampai Kebakauheni, hal ini nanti akan berdampak positif bagi wilayah OKI dan Lampung, terutama dalam bidang perekonomian,” ungkap calon Gubernur Sumsel Ishak Mekki.


Kepala Dinas PU Bina Marga OKI Drs Ir H Syamsul Bahri MM menyebutkan, bahwa pembangunan jalan tol Kayuagung–Jakabaring Palembang, menghabiskan dana Rp 2,1 triliun. Pembangunan jalan tol tersebut ditargetkan dapat selesai pada akhir 2013, karena sekarang ini pembangunannya sudah dimulai. “Targetnya dalam waktu 18 bulan sudah selesai. Dengan demikian, tahun 2014 jalan tol tersebut sudah rampung dan bisa dinikmati masyarakat,” tandasnya.

Sumber : Sriwijaya Post, 25.12.12..

[English Free Translation]
Ogan Komering  Ilir regency government (OKI) was keen to build toll roads Kayuagung-Jakabaring then Kayuagung-Lampung, in the near future will be an inventory of land crossed by the highway route.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...