Sunday, December 16, 2012

[KG-300/2012] Suatu Hari Di Stasiun KA Jakarta Kota


JAKARTA: Senang rasanya bisa melihat dan merasakan peninggalan sejarah seperti gedung-gedung tua dimana saja, khusunya kota Jakarta. Salah satunya stasiun kereta api (KA) Jakarta Kota yang bentuknya luar biasa bagus, kokoh dan terawat.

Stasiun KA Jakarta Kota (kode : JAKK), dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun KA terbesar di Indonesia yang berusia cukup tua dan terletak di Kelurahan Pinangsia, kota tua Jakarta (dulunya dikenal juga dengan nama Batavia).

Hanya sedikit warga Jakarta atau warga di Republik ini yang tahu, apa arti Beos yang ternyata memiliki banyak versi. Berikut kami pinjam catatan sejarah dari web Wikipedia untuk membuka cakrawala pengetahuan tentang JAKK.
“Beos” kependekan dari "Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij" (Maskapai Angkutan KA Batavia Timur), sebuah perusahaan swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh. Ini baru versi pertama.
Versi lainnya dari Beos, berasal dari kata "Batavia En Omsteken", yang artinya Batavia dan Sekitarnya, merunut dari fungsi stasiun sebagai pusat transportasi KA yang menghubungkan kota Batavia dengan kota lain, seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung) dan Karavam (Krawang).
Arsitek yang membangun stasiun JAKK adalah seorang arsitek Belanda kelahiran Tulung Agung, Frans Johan Louwrens Ghijsels. Konstruksi JAKK dikenal dengan ungkapan Het Indische Bouwen, perpaduan antara struktur dan teknik moderen barat, dipadu dengan bentuk-bentuk tradisional setempat.

Dengan balutan art deco yang kental, rancangan Ghijsel ini terkesan sederhana meski bercita rasa tinggi. Sesuai dengan filosofi Yunani kuno, kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju kecantikan. Woooow !

Stasiun KA JAKK akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya, melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Selagi ada, yuuuuk kita telusuri kebesaran masa jaya stasiun ini. Enjoooooy.

Sumber : Wikipedia / Foto : RAM – Wikipedia

[English Free Translation]
Jakarta City Railway Station or Stasiun KA Jakarta Kota (code: JAKK), also known as Beos Station is the largest railway station in Indonesia, which was quite old and located in the Pinangsia area, the old town of Jakarta (formerly known as Batavia). We could do the trail some time ago. Above the report.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...