Thursday, July 6, 2017

[KU-187/2017] Pemkab Bondowoso Berencana Bangun Fasilitas Kereta Api Wisata

BONDOWOSO : Pemerintah Kab. Bondowoso, Jawa Timur, berencana akan membangun fasilitas KA wisata di Museum KA karena kunjungan wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara terus bertambah.

"Bekas stasiun KA di Jl. Imam Bonjol, Kel. Kademangan, Kec. Kota Bondowoso, itu saat ini sudah menjadi Museum KA akan dimanfaatkan Pemda dalam pengelolaannya," ujar Kepala Bidang Pariwisata pada Disparpora Pemkab Bondowoso, Adi Sunaryadi di Bondowoso, Rabu.

Rencana pembangunan fasilitas KA wisata itu, lanjut dia, dilakukan setelah sebelumnya Pemkab Bondowoso dan Daop 9 melakukan penandatangan MoU pada pertengahan tahun lalu. Dalam perjanjian kerja sama tersebut, katanya, PT KAI sebagai pemilik dan penyedia lahan (Museum KA) dan Pemda sebagai pemanfaat pengelolaan museum itu dalam bentuk sewa.

Menurut Adi, untuk mewujudkan kereta wisata nantinya juga butuh dukungan dari masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran rel KA di Bondowoso yang selama ini sudah tidak aktif. 

"Nantinya kalau sudah KA wisata sudah aktif, wisatawan dapat naik kereta berkeliling di wilayah Bondowoso dan yang pasti jalur KA wisata tidak mengganggu jalur KA aktif," paparnya.

Ia menambahkan, rencana pembangunan fasilitas kereta api wisata di Museum Kereta Api Bondowoso karena sejak hampir satu tahun diluncurkan, jumlah pengunjung museum terus bertambah baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

"Jumlah pengunjung Museum KA Bondowoso pada triwulan pertama tahun ini sebanyak 2.146 orang dan pada triwulan kedua bertambah menjadi 3.442 pengunjung," katanya.

Sumber : Antara, 05.07.17.

[English Free Translation]
Government of Kab. Bondowoso, East Java, plans to build a tourist railway facility at the Train Museum as local tourist arrivals and foreign tourists continue to grow. Agreed and we’ll support 100 percent !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...