Rabu, 19 Oktober 2016

[KU-287/2016] 7 Perusahaan Operator Kereta Api Se-Asean Bertemu Di Yogyakarta

JOGJA : Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Railways CEO's Conference (ARCEO) ke-38. Acara pertemuan para pimpinan perusahaan operator kereta api se-Asia Tenggara ini dihadiri perwakilan dari tujuh negara.

Tujuh perusahaan operator KA tersebut adalah Kereta Api Tanah Melayu Berhad (KTMB) Malaysia, State Railway Of Thailand, Vietnam Railway, Royal Railways Of Cambodia, Lao Railway Authority Laos, Myanmar Railways dan PT KAI.

Selain itu, dari Indonesia juga hadir PT KCIC, PT KCJ, PT KA Pariwisata dan PT Railink. Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan ASEAN Railways CEO's Conference pada tahun lalu dilaksanakan di Kamboja.

Pada konferensi tahun ini di Indonesia, tema yang diangkat adalah "ASEAN's Railways Connecting ASEAN Economic Community". Edi mengungkapkan, dalam konferensi ini akan dibahas berbagai aspek, baik teknis, marketing, pelayanan, teknologi maupun perkembangan perkeretaapian di ASEAN.

Salah satu isu yang akan dibahas adalah upaya menciptakan konektivitas antar negara di Asia Tenggara melalui KA. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Sejak Agustus 2015 lalu, MEA secara resmi telah mendorong terciptanya persaingan pasar. Konektivitas juga telah menjadi isu umum yang kerap dibahas di pertemuan antar negara-negara ASEAN.

"Kereta api diharapkan dapat menciptakan konektivitas untuk mempermudah distribusi logistik, SDM, modal, dan investasi di Asia Tenggara, sekaligus mengurangi kesenjangan kualitas pelayanan angkutan penumpang dan barang yang masih terjadi di negara-negara ASEAN," tandasnya.

Melalui ARCEO, dia mengatakan bisa mengamati berbagai tantangan, kesempatan dan potensi kerja sama di masa mendatang antar perusahaan operator perkeretaapian di ASEAN. "Cepat atau lambat saya yakin dapat diimplementasikan sebagai konektivitas ASEAN," ungkapnya.

Para peserta ARCEO yang berjumlah 110 orang ini juga akan melakukan beberapa kunjungan. Lokasi yang akan dikunjungi yakni pabrik kereta api di Madiun, stasiun dan Museum KA Ambarawa.

Sumber : Kompas, 18.10.16.

[English Free Translation]
Indonesia’s becoming the host for the 38th ASEAN Railways CEO's Conference (Arceo) in Ngayogyakarto. Gathering of corporate leaders railway operators in South East Asia was attended by representatives from seven countries. Congrats !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar