Saturday, November 17, 2012

[KU-273/2012] Jalur Khusus Angkutan Batu Bara Sumsel Siap Digunakan

PALEMBANG-Jalan khusus angkutan batu bara di Sumatera Selatan siap digunakan karena jalur sepanjang 116 kilometer tersebut telah selesai dibangun.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumsel Robert Heri kepada wartawan di Palembang, Senin (5/11), mengatakan dalam waktu dekat ini jalan khusus tersebut akan diresmikan selanjutnya bisa dilalui truk khusus angkutan batu bara.

“Jadi mulai Januari 2013 semua angkutan batu bara dilarang melalui jalan umum karena telah tersedia jalan khusus untuk angkutan salah satu komoditas andalan ekspor nonmigas Sumsel itu,” jelasnya.

Jalan khusus batu bara tersebut akan melalui Lahat menuju dermaga Lematang, Kabupaten Muaraenim yang akan melewati beberapa perlintasan. Namun, jelasnya, jalur tersebut juga akan diberlakukan pembatasan beban angkutan untuk menjaga kualitas jalan supaya tidak cepat rusak.

Mengenai pengaturan beban angkutan sendiri, diserahkan kepada pihak perusahaan yang membangun. Menurutnya, di sepanjang jalan tersebut juga disiapkan pos penjagaan untuk mengontrol angkutan batu bara.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel Sarimuda mengatakan, berdasarkan hasil tinjauan pihaknya ke lokasi beberapa waktu yang lalu memang secara umum jalan tersebut telah selesai tetapi ada beberapa titik dalam tahap pengerasan.

“Namun, kami memastikan jalur khusus yang dibangun itu tidak akan mempengaruhi jadwal pengoperasiannya. Saat ini memang masih ada pekerjaan ringan, tetapi rencana sampai akhir tahun 2012 selesai,” ujarnya. (Ant/esu)

Sumber : Bisnis Sumatra Newswire, 06.11.12.

[English Free Translation]
Special road to transport coal in South Sumatera ready to be used as pathways along 116 kilometers has been completed. Head of the Department of Mines and Energy South Sumatera Robert Heri told reporters in Palembang, Monday (5/11), said in the near future it will be unveiled next special driverable special truck transport of coal.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...