Wednesday, May 8, 2019

[KG-128/2019] 3 Solusi PT KAI Agar Tak Ada Lagi yang Berani Terobos Palang Perlintasan Kereta – 08/05/19


JaKaRTa : Ulah oknum masyarakat yang nekat menerobos palang perlintasan KA di Bandung sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial beberapa hari terakhir. Video itu viral di media sosial lantaran penerobos palang kereta nyaris menjadi korban. 

Video pertama yang viral adalah ulah ibu-ibu pengendara sepeda motor yang nekat menerobos palang. Video kedua, seorang warga nekat menyeberang saat kereta melintas. Tanpa disadari, datang kereta lainnya dari arah berbeda. Untungnya, warga tersebut bisa terselamatkan setelah ditarik keluar jalur kereta. 

"Tindakan menerobos palang perlintasan sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kecelakaan serius bahkan kematian. Selain itu, masyarakat yang menerobos sudah melakukan pelanggaran UU Lalu Lintas dan bisa terkena sanksi," kata Manajer Humas Daop 2 Noxy Citrea Bridara

Apabila masyarakat melanggarnya, akan dikenakan sanksi sesuai pasal 296 dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan. Pendobrakan palang perlintasan juga bisa didenda paling banyak Rp750.000

Menurut Noxy, ada 3 hal yang bisa menjadi solusi untuk mencegah penerobosan di perlintasan KA. Solusi pertama adalah solusi hukum untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang melanggar. "Bisa saja mereka ditilang, kan sanksinya sudah jelas di UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan itu. Ini perlu untuk memberikan efek jera kepada para pelanggar di perlintasan KA," ujarnya. 

Solusi kedua adalah solusi infrastruktur sesuai pasal 91 dan 94 UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian yaitu dengan membuat perpotongan jalur KA menjadi tidak sebidang, misalnya dengan membuat flyover atau underpass. Atau untuk langkah cepat, pemerintah bisa segera menutup perlintasan sebidang tanpa izin. 

Solusi ketiga adalah solusi budaya. Masyarakat harus berperan aktif saling mengingatkan untuk tidak melanggar perlintasan KA. Namun, menurut Noxy, solusi ketiga ini akan semakin efektif bila didukung solusi hukum sehingga mampu mengubah budaya masyarakat dalam berlalu lintas di perlintasan sebidang.

Sumber : SindoNews, 08.05.19 / Foto : Garuda Online.

[English Free Translation]
The act of the people who are desperate to break through the crossing of railroad crossings in Bandung had become a hot conversation on social media in the last few days. The video was viral on social media because the crossing of the crossbar almost became a victim. Almost Guys but its dangerous !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...