Sabtu, 27 Februari 2016

[KU-056/2016] Tahun Ini, Reaktivasi Rel KA Tawang-Pelabuhan Dimulai


SEMARANG: PT KAI Daop 4 Semarang pada 2016 ini akan mulai mengerjakan reaktivasi jalur KA Stasiun Tawang-Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Selain reaktivasi jalur, Daop 4 juga akan mulai membangun terminal peti kemas yang terletak di kampung Kebonharjo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara.

EVP Daop 4 Semarang, Andika Tri Putranto mengatakan, meski saat ini proses reaktivasi masih menyisakan konflik berupa pembebasan lahan, dan adanya perlawanan dari warga, namun target tersebut tetap akan di lakukan.

"Tahun ini targetnya mulai dikerjakan, kalaupun mendapatkan perlawanan dan adanya klaim warga ada sertifikat tanah. Apalagi program reaktivasi dan pembangunan terminal peti kemas merupakan program nasional,” tegasnya saat ditemui di sela penyerahan bantuan Corporate social responsibility (CSR) kepada Kelompok Swadaya Masyrakat (KSM) Mugi Berkah, Semarang.

Andika menambahkan, reaktivasi bukan hanya tanggungjawab dari PT KAI saja, melainkan tanggungjawab dari Pemprov Jateng, Pelindo dan Dinas Perhubungan. Apalagi reaktivasi rel KA sepanjang 2,1 kilometer dan terminal peti kemas, akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang ataupun Jawa Tengah.

"Memang ada klaim dari warga yang punya sertifikat, kita harus menyelesaikannya dulu dan harus didukung oleh pihak lainnya. Tapi diusahakan tahun ini sudah jalan pembangunannya,” tuturnya optimis.‎

Selain reaktivasi jalur Tawang- Pelabuhan Tanjung Emas, Andika yang beberapa waktu lalu menggantikan R Windar Prihadi Adji sebagai EVP Daop 4 Semarang juga berencana menata Stasiun Besar Tawang yang saat ini terkesan kumuh karena di samping kiri stasiun terdapat puluhan pedagang kaki lima (PKL).

" Saat ini mesih proses lelang pembangunan dan pembersihannya, mereka (para PKL, Red) akan ditata,"tegasnya.

Sumber : Radar Semarang, 11.02.16 / Foto : TribunNews.

[English Free Translation]
PT KAI Daop 4 Semarang in 2016 will begin work on the reactivation of the railway station between Tawang-Tanjung Mas Port, Semarang. In addition to the reactivation of the rail path, Daop 4 will also start to build a container terminal located in the Kebonharjo village, Tanjung Mas, North Semarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar