Sabtu, 20 Februari 2016

[KU-050/2016] Menhub Jonan Terima Bintang Jasa dari Perancis

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mendapatkan penghargaan berupa lencana bintang jasa “Chevalier de la Legion d'Honneur” dari Presiden Perancis Francois Hollande. Penghargaan tersebut diberikan melalui Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Corinne Breuze kepada Menhub Jonan di Jakarta, Jumat (19/2). Acara itu juga dihadiri Menko Polhukam, Luhut Binsar Pandjaitan.

Corinne Breuze mengatakan lencana "Legion d'Honneur" merupakan bintang jasa tinggi di Perancis. Penghargaan ini pertama kali diberikan Napoleon Bonaparte pada 1802 untuk menghormati jasa-jasa para pekerja sipil dan militer yang telah mengabdikan diri bagi kemajuan kehidupan masyarakat dunia.

Menhub Jonan menerima penghargaan tersebut karena telah memberikan sumbangsih besar dalam memajukan dan memodernisasikan perkeretaapian sebagai salah satu moda transportasi massal yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Tidak banyak negara di dunia yang mampu melakukan perubahan perkeretaapian ke arah yang lebih baik dalam waktu cukup singkat.

Saat menjadi direktur utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan mampu melakukan perubahan dengan baik, termasuk memanfaatkan dan menerapkan sistem teknologi informasi,  sehingga perkeretaapian Indonesia telah digolongkan sebagai perkeretaapian modern.

Lebih lanjut Corrine Breuze mengatakan Menhub Ignasius juga berjasa membangun hubungan antar kedua negara, khususnya dalam pengembangan kereta api.

“Pemerintah Perancis berterima kasih atas keterlibatan dan dedikasi Ignasius Jonan dalam membesarkan hubungan antara dua perusahaan kereta yang membawa efek positif dalam hubungan bilateral kedua negara,” kata Corinne.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan sangat berterima kasih dan bangga, karena penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Perancis atas kemajuan pembangunan dan modernisasi perkeretaapian dan transportasi di Indonesia.

Penghargaan ini akan menjadi pendorong bagi menhub dan seluruh jajaran Kementerian Perhubungan untuk lebih meningkatkan pembangunan di sektor transportasi, baik itu di darat, laut, udara, dan perkeretaapian, sesuai dengan fokus kerja Kemhub, yaitu dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi, meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana transportasi, dan meningkatkan tata kelola dan regulasi sektor transportasi.

Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah menetapkan pembangunan transportasi massal berbasis kereta api khususnya di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Papua sepanjang 3258 km sebagai salah satu program strategis. 

Tujuannya untuk menghadirkan transportasi yang aman dan nyaman serta terkoneksi antarkota di Indonesia dan juga sebagai perwujudan Nawacita ke-1 dan ke-3, yaitu menghadirkan peran negara untuk kepentingan masyarakat dan membangun Indonesia dari pinggiran.

Sumber : BeritaSatu.com, 20.02.16.

[English Free Translation]
Ministry of Transportation (MOT) Ignasius Jonan received prize badge decoration "Chevalier de la Legion d'Honneur" of French President Francois Hollande. The award was given by the French Ambassador to Indonesia, Corinne Breuze to the MOT Jonan in Jakarta, Friday (19/2). Congrats !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar