Senin, 18 November 2013

[KU-307/2013] Pembangunan Tol Sumatera Dimulai Tahun 2014

SRIPOKU.COM - Rencana pembangunan jalan tol di Sumatera akan dimulai pada awal 2014, dengan pengerjaan awal dilakukan dari ruas jalan Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

"Pembangunan jalan tol Sumatera dari Lampung hingga berakhir di Provinsi Aceh ini titik nolnya adalah di Bakauheni, sehingga pengerjaan awal akan dilaksanakan di Lampung," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Jumat (18/10/2013).

Pembahasan rencana pembangunan jalan tol Sumatera itu dibahas dalam rapat koordinasi bersama di aula kantor Dinas PU Bina Marga Lampung di Bandarlampung, Kamis (17/10).

Menurut Arinal, tahap awal pembangunan jalan tol itu adalah dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar di Kabupaten Lampung Tengah, dan ini diharapkan dapat dilaksanakan setelah pembebasan lahannya selesai.

"Seluruh dokumen pelaksanaan pembangunan akan dikebut hingga akhir 2013, sehingga awal 2014 dapat berjalan, dan diharapkan semua pemerintah daerah yang wilayahnya akan dilewati jalan tol tersebut mendukung dengan mempercepat pembebasan lahan tersebut," katanya.

Ia berharap, tahap awal pembangunan jalan tol dari Bakauheni Lampung Selatan hingga Terbanggi Besar Lampung Tengah dapat segera terealisasikan, sehingga selanjutnya tinggal meneruskan hingga ke Provinsi Sumatera Selatan.

Arinal menyebutkan, dalam pembangunan jalan tol itu yang paling utama adalah masalah pembebasan lahan, seperti yang tengah dibahas dalam rapat tersebut, yaitu masih menentukan lahan yang akan dibebaskan,

Ia mengharapkan, efektivitas ruas jalan yang sudah lama dibangun juga harus menjadi perhatian, sehingga dapat terlaksana pembangunan jalan yang sesuai dengan kebutuhan serta peruntukannya untuk memperlancar transportasi antardaerah di Indonesia.

Kepala Dinas PU Bina Marga Lampung Ali Rahman mengatakan, pembangunan jalan tol Sumatera untuk di daerah Lampung prosesnya ditargetkan akan dimulai awal 2014.

"Tahun depan mudah-mudahan semua dapat segera terselesaikan, sehingga pembangunan tahap awal dapat dilaksanakan untuk menunjang percepatan pembangunan di provinsi ini," katanya.

Pada tahap awal, proses pembangunan jalan tol Sumatera dari Bakauheni-Terbanggi Besar sudah tidak ada masalah tinggal realisasinya saja.

"Saya harap masing-masing kepala daerah yang wilayahnya dilalui jalan tol Sumatera ini dapat mendukung dan membantu percepatan pelaksanaan realisasi pembangunan sarana infrastruktur tersebut," ujarnya. (ant)

Sumber : Sriwijaya Post, 19.10.13.

[English Free Translation]
Development plans in Sumatera highway will begin in early 2014, with initial work done on the roads Port Bakauheni, South Lampung regency.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar