Jumat, 29 November 2013

[KG-318/2013] “Morning Briefing” Ala KALOG

JaKaRTa: Rabu 27/11 pagi. Ada panggilan untuk berkumpul di lobi tengah kantor PT Kereta Api Logistik (KALOG) di stasiun Gondangdia (GDD). Ada apa ya ? Begitu pertanyaan simpel sebagian besar karyawan dan karyawati yang baruuuu aja mau memulai aktifitas kerja harian.

Oh ternyata, setelah dibuka oleh Direktur Keuangan, Gigis Saptono, barulah sebagian KALOGers "ngeh" bahwa ada forum baru di pagi hari, kita menamainya untuk sementara ini sih "Morning Briefing" (MB), entah besok-besok ada nama lain. Its up to Guys.

Intinya, setelah pindahan dari markas lama di JRC Building ke stasiun Gondangdia, rasanya garing-garing aja. Hidup lempeng aja dan setiap karyawan kayak cu'ek bebek alias kerjakan dengan apa yang sudah digariskan.

Sebelumnya, belum ada pertemuan non-formal rutin seperti yang digagas oleh Gigis, begitulah gampangannya. Forum seperti ni bisa memberikan "ruang terbuka" untuk saling berbagi informasi dan bisa menjembatani kepentingan manajemen dan karyawan. Bila menjadi tradisi, alangkah bagusnya. 

Kabarnya, akan diadakan seminggu sekali dengan durasi waktu gak lama tapi bisa menyemangati semangat kerja di sekitar kita. Inilah topik-topik yang terangkum selama Morning Briefing kemaren, yang berlangsung kurang lebih 30 menitan.

- Memasyarakatkan Visi Perusahaan agar karyawan bisa menjiwai dan lebih memaknai hasil pekerjaannya (gak cuma sekedar kerja seperti robot), G.A akan segera membuatkan poster ato banner yang bisa dibaca dengan jelas oleh KALOGers sekalian,
- Aktifkan budaya "Hemat" seperti saat jam istirahat ato sesudah jam kerja, matikan lampu dan kurangi penggunaan AC yang tidak terpakai, dlsb (masih banyak koq yang bisa dihemat),

- Bakal ada acara "Gathering" sebelum tutup tahun 2013, namun detil acara masih dibahas tim panitia kecil (mohon bersabar dan tunggu tanggal mainnya saja ya he he he),

- Perkenalan Anggota Baru di kantor (bermanfaat banget sih, karena ada pepatah "tak kenal maka tak sayang", tapi sayangnya jangan kebablasan, bisa runyem), 

- Bangunlah sikap positif dengan 5S : Senyum, Sapa, Salam, Santun, Sabar (bikin hidup lebih hidup !),

- Buanglah Puntung Rokok pada tempatnya (jangan sampe berserakan di halaman depan kantor, kalo bisa asepnya ditelan sekalian untuk mengurangi polusi xi xi xi).

Acara spontanitas ini merujuk kepada penciptaan Budaya Perusahaan yang baik dan akan terus disempurnakan seiring perkembangan bisnis perusahaan.



Demikianlah sekelumit liputan perdana MB. Kedepannya diharapkan akan semakin banyak suara-suara optimis dan kreatif dari bawah (Bottom Up) agar KALOG bisa tumbuh dengan baik dan sehat ! Jangan melulu dari atas ke bawah (Top Down), perlu harmonisasi.

Cheers and Good Day.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]

Wednesday 27/11 morning. PT Kereta Api Logistics Office (KALOG) Gondangdia station (GDD) was excited. Whazzup ? Apparently, there was an informal meeting to make a new tradition “morning briefing”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar