Rabu, 30 Oktober 2013

[KU-290/2013] “Pantai Timur” Resmi Jadi Kabupaten Baru di Sumsel

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Setelah melalui proses panjang akhirnya cita-cita masyarakat dipesisir Pantai Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tercapai juga. Setelah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kamis (24/10/2013), Pantai Timur akan menjadi Kabupaten Baru di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Pemekaran Pantai Timur ini disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten OKI. Dengan disetujuinya pemekaran Pantai Timur menjadi kabupaten baru, hal itu akan membantu pembangunan di wilayah Pantai Timur lebih cepat.

“Kita menyambut baik dengan disetujuinya Pemekaran Pantai Timur menjadi Kabupaten Baru, memisahkan diri dari Kabupaten OKI sebagai Kabupaten Induk, kita berharap pembangunan di wilayah perairan bisa merata,” kata Bupati OKI Ir Ishak Mekki MM didampingi Sekda OKI Ir H Ruslan Bahri MT.

Untuk itu menurut Ruslan, pemekaran Pantai Timur ini merupakan cita-cita dari Bupati OKI Ir H Ishak Mekki sejak lama, tujuannya untuk membangun wilayah tersebut agar lebih merata.

Dengan menjadi kabupaten baru, masyarakat perairan tidak lagi sulit harus menempuh jarak jauh untuk mengurus adeministrasi pemerintahan, kemudian bisa lebih konsentrasi dalam pembangunan daerah, karena luas Kabupaten OKI ini sama dengan luas Provinsi Bengkulu, sehingga sudah sewajarnya harus dimekarkan,” jelasnya.

Setelah disetujuinya pemekaran Pantai Timur menjadi kabupaten baru, pihaknya memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada masyarakat Pantai Timur untuk memilih pemimpin daerah dan memilih kecamatan mana yang layak untuk dijadikan ibu kota kabupaten, hal itu untuk kemajuan daerah tersebut agar lebih baik lagi.
“Kedepan Kabupaten OKI sebagai kabupaten induk akan membantu pembiayaan Pantai Timur sampai menjadi kabupaten yang mandiri,” tambahnya.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKI asal Tulung Selapan, Sang Dewi Rusmin sangat menyambut baik atas disetujuinya pemekaran pantai timur menjadi Kabupaten baru. “Sudah lama menjadi cita-cita kita semua dari masyarakat pantai timur, hal ini tidak ada kepentingan politik, tetapi murni demi kemajuan daerah tersebut,” tandasnya.

Kedepan pihaknya berharap infrastruktur di wilayah perairan secepat mungkin bisa membaik, sehingga Kabupaten Pantai Timur menjadi kabupaten yang lebih maju. “Dari beberapa kecamatan yang ada, semuanya layak dijadikan ibu kota kabupaten, tetapi kita harus melihat infrastruktur, kemudian lokasi jarak tempuhnya lebih dekat dan sarana-prasananya lebih lengkap, saya piker kecamatan Tulung Selapan lebih layak jadi Ibu Kota Kecamatan,” jelasnya.

Pihaknya yakin dalam dua sampai tiga tahun Pantai Timur sudah menjadi kabupaten mandiri dan sudah bisa lepas dari Kabupaten OKI.

“Potensi pendapatan asli daerah sangat banyak, itu artinya akan membantu Kabupaten Pantai Timur menjadi kabupaten yang diperhitungkan di Sumsel,” ujarnya.

Lima kecamatan di OKI yang masuk dalam pemekaran Pantai Timur yaitu, Kecamatan Sungai Menang, Kecamatan Cengal, Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Pangkalan Lampam dan Kecamatan Air Sugihan.

Sumber : Sriwijaya Post, 24.10.13.
[English Free Translation]

After going’ thru in a long process, finally the ideals of the “Pantai Timur’ (East Coast) of the coastal area Ogan Komering Ilir (OKI) is achieved. Once approved by the House of Representatives (DPR) RI, Thursday (10/24/2013), “Pantai Timur” will be the new district in the province of South Sumatera. Congrats !

2 komentar: