Senin, 21 Oktober 2013

[KU-283/2013] Jepang Bidik Proyek Kereta Api Cepat Indonesia

TEMPO.CO, Tokyo - Pemerintah Jepang telah sepakat melakukan studi kelayakan untuk memperkenalkan teknologi kereta peluru—kereta supercepat (shinkansen)—ke Indonesia. Seperti dilansir Bangkok Post, 17 Oktober 2013, sumber yang menghadiri rapat bilateral Jepang-Indonesia menyebut langkah itu lebih maju dari saingannya yaitu Cina dan Korea Selatan untuk memenangkan kontrak proyek pembangunan kereta api di Indonesia.
Proyek pembangunan perkeretaapian Indonesia, menurut sumber itu mencapai Rp 50 triliun. Japan International Cooperation Agency (JICA) akan melakukan studi selama tiga tahun untuk membangun sistem kereta api berkecepatan tinggi di Pulau Jawa. JICA, menurut sumber itu, diperkirakan akan menandatangani memorandum dengan pemerintah Indonesia selambat-lambatnya Kamis pekan depan.
Penelitian ini akan menelisik biaya, permintaan, dan cara-cara mengamankan pendanaan untuk rute sekitar 150 kilometer yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. JICA, lanjut sumber itu, kemungkinan akan mempertimbangkan prospek operasi rute tambahan dari Bandung ke Surabaya.
Ketertarikan Indonesia dan negara Asia lainnya untuk membangun jaringan kereta api berkecepatan tinggi membuka peluang bisnis bagi negara-negara pemilik teknologi ini.
Pada 2011, pemerintah Indonesia pernah mengumumkan visinya untuk menciptakan kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya sebagai bagian dari upaya untuk merangsang perekonomian negara. Kereta dengan kecepatan maksimum mencapai 300 kilometer per jam itu diproyeksikan bisa memindahkan orang sejauh 730 kilometer dalam tempo tiga jam.
Sumber : Tempo-Bangkok Post, 18.10.13.
[English Free Translation]

The Japanese government has agreed to conduct a feasibility study for introducing bullet-train technology superfast train (shinkansen)-to Indonesia. As reported by the Bangkok Post, October 17, 2013, sources who attended the Japan-Indonesia bilateral meeting, said  the move ahead of rival China and South Korea to win contracts railway construction project in Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar