Saturday, October 12, 2013

[KU-274/2013] Jadi Jembatan Terpanjang di Dunia, JSS Gunakan Teknologi Asing

Bisnis.com,JAKARTA--Pembangunan mega proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) banyak menggunakan alat dan teknologi asing, mengingat jembatan senilai Rp200 triliun tersebut akan menjadi yang terpanjang di dunia.

Ahli Konstruksi Bawah Laut Ben Usagani mengatakan jembatan sepanjang 29 km itu memerlukan svanen.

Svanen ialah alat untuk mengangkut beton dan balok atau tiang pancang  hingga 8.500 ton berdiameter lebih dari 6 m dengan ketinggian 85 m.

"Kita butuh svanen yang hanya dimiliki oleh dua negara yakni Belanda dan China. Untuk kualitas Belanda harga sewanya 100.000 euro per hari dan dalam jangka tahunan," katanya, Senin (2/9/2013).

Menurutnya, untuk menghemat biaya yang besar tersebut, pembangunan JSS bisa menggunakan alat kualitas China.

Selain itu, negara Tirai Bambu itu merupakan negara yang memiliki portofolio pembangunan jembatan dengan kedalaman air yang cukup dalam.

"Bisa gunakan China karena mereka sudah bikin mirip dengan Belanda," tuturnya.  (ra)

Sumber : Bisnis Indonesia, 02.09.13.

[English Free Translation]
Mega development projects Sunda Strait Bridge (JSS) using tools and a lot of foreign technology, considering the worth Rp200 trillion bridge will be the longest in the world. Underwater Construction expert Ben Usagani said bridges along 29 miles it requires Svanen.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...