Friday, January 20, 2012

[KU-020/2012] Palembang Terinovatif, Eddy Santana Raih IGA Award

PALEMBANG, SRIPO — Kota Palembang dinobatkan sebagai kota terinovatif dalam pengembangan pembangunan. Atas penilaian itu, Walikota Palembang, Eddy Santana Putra berhak atas penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri RI. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi di Studio 5 TVRI Pusat Jakarta, Kamis (22/12).

“Ini bukti bahwa kemajuan pengembangan pembangunan di kota kita berhasil, otonomi daerah itu berjalan sukses. Saya harap, semua kepala daerah dapat terus menciptakan ide-ide inovatif untuk memajukan daerahnya,” kata Gamawan dalam siaran persnya kepada Sripo.

Penghargaan IGA Award ini, lanjut dia, diberikan kepada empat daerah kabupaten/kota, dari 30 (tiga puluh) daerah Kabupaten/Kota yang masuk sebagai nominator. Empat daerah itu dinyatakan sebagai pemenang dengan masing-masing kategori. Yaitu, bidang tata kelola pemerintahan daerah, peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah.

“IGA Award ini merupakan salah satu kegiatan Kementerian Dalam Negeri sejak tahun 2007 sebagai bentuk pembinaan terhadap pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara Walikota Palembang, Eddy Santana Putra yang dihubungi Sripo, mengatakan tak menyangka sama sekali, karena memang proses penilaian tidak diketahui. Kemungkinan besar, kesuksesan pelayanan publik, peningkatan daya saing serta visi Palembang menjadi kota International dinilai berhasil dari kementrian. Ini juga berkat kesuksesan pelaksanaan SEA Games.

“Yang terpenting terobosan yang kita lakukan dalam dua tahun terakhir dinilai baik oleh pusat, sangat banggalah karena Palembang menjadi kota dengan penilaian tertinggi di antara empat pemenang,” kata Eddy.

Selain pembangunan, lanjut dia, Palembang juga dinilai unggul dalam pelayanan ke masyarakat. Salah satunya dengan adanya kantor pelayanan perizinan terpadu yang saat ini sudah mendapatkan ISO 9001-2008 serta kesuksesan pelayanan publik lainnya, seperti sistem transportasi, kesehatan dan pendidikan.

Selain Palembang, lanjut dia, ada tiga kota lain yang juga berhak mendapatkan penghargaan serupa dengan kategori yang berbeda. Yakni, Semarang, Malang dan Banjar (Jawa Barat).

“Tapi yang menempati urutan teratas adalah Palembang, sangat bangga sekali,” kata dia.
Dengan penghargaan ini, Eddy berharap bisa terus mengembangkan potensi-potensi serta mampu terus memacu pembangunan berkesinambungan. (sta)

Sumber : Sripoku, 23.12.11.

[English Free Translation]
Palembang city was named the most innovative in the development of city development. Above assessment, the Mayor of Palembang, Eddy Santana Putra entitled to the award-Government Innovative Award (IGA) from the Ministry of Home Affairs.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...