Thursday, January 26, 2012

[KU-026/2012] 15 Persen Cadangan Batu Bara Sumatera Ada di Muba

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan luas wilayah tidak kurang dari 14 ribu kilometer persegi masih menyimpan potensi batu bara sekitar 3,4 miliar ton atau 15,29 persen dari keseluruhan potensi cadangan batu bara di Sumatera. Potensi alam ini tentu saja menjadi peluang investasi bagi Bumi Serasan Sekate jika mampu terkelola dengan baik.

“Untuk potensi alam sebesar ini, sudah sewajarnya bisa mendorong pembangunan daerah secara lebih baik. Apalagi di Muba ini bukan hanya batu bara yang banyak, minyak dan gas juga melimpah,” ujar Kepala Bappeda Sumsel, Yohanes Toruan dalam rapat koordinasi Perencanaan Pembangunan Sumsel tahun 2013 bersama unsur Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Muba di ruang rapat Pemkab Muba, Kamis (19/1/2012).

Rapat ini bertujuan untuk memastikan atau mengkonfirmasi pelaksanaan RPKAD, selain menyerap kondisi setiap daerah, dalam upaya menyusun RAPBD 2013.

Pada kesempatan itu Yohanes menjelaskan, Provinsi Sumsel secara keseluruhan menyimpan 82,37 persen potensi cadangan batu bara di wilayah Pulau Sumatera, dan 39,30 persen cadangan batu bara nasional. Potensi terbesar berada di Kabupaten Muara Enim, yaitu 13,64 miliar ton, atau 61,33 persen dari keseluruhan cadangan batu bara di Sumatera.

“Nah di Muba ini, selain kaya batu bara, juga memiliki 38,68 persen kandungan minyak bumi di Sumsel. Belum ditambah 39,07 persen gas bumi, dan 2 triliun kaki kubik gas metan. Jadi luar biasa peluang investasinya,” tambah Yohanes.

Sumber : Sripoku, 19.01.12.

[English Free Translation]
District Banyuasin (Muba), South Sumatera with an area of ​​not less than 14 thousand square kilometers, still holds the potential coal of about 3.4 billion tons, or 15.29 percent of the total potential reserves in Sumatera. It is amazing natural resources !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...