Monday, January 2, 2012

[KG-003/2012] Kunjungan Ke Panjang & Tarahan 29-31/12/2011


PALEMBANG: Hampir 15 tahun silam mengunjungi Lampung dan tempat yang sempat dikunjungi tiada lain (waktu itu) PT Great Giant Pineapple Co. (GGPC) yang menjadi primadona muatan ekspor nanas ke manca negara. Canvassing ke main Customer.

Saat itu,  menggunakan jalur udara dan menggunakan pesawat udara kebanggaan rintisan BJ Habibie, CN-235 buatan Nurtanio (kemudian diganti namanya menjadi PT Dirgantara Indonesia) yang kala itu masih Menristek (kalo ngga salah he he he). 

Kini, berkunjung ke Lampung via kereta api dari stasiun Kertapati, Palembang menuju stasiun Tanjung Karang, Lampung. Syukur alhamdulillah berangkat dan tiba tepat waktu sehingga waktu perjalanan dinas bisa maksimal.

Berangkat Kamis (29/12/2011) dan bermalam di KA Limex Sriwijaya. Keesokan paginya, saat tiba langsung mandu dulu kemudian balik graaak ke stasiun Tanjung Karang dengan menggunakan seragam R6 dan lapor KS Tanjung Karang, Sanusi ‘tuk bersilaturahim.

Selanjutnya berkeliling ke daerah Panjang dan Srengsem mengamati potensi yang bisa digarap. Secara infra-struktur (sebagai pendatang nih), Lampung tertinggal jauh dengan Palembang. Hal tersebut saat melihat bandara dan kawasan pelabuhan Panjang.

Mampir pula ke stasiun Tarahan dan sowan ke KS Tarahan, Samsul. Sangat kooperatif dan kami mendapatkan banyak informasi tambahan terkait penanganan angkutan batu bara yang bermuara di Tarahan.

Bandara nyaris gak berubah banyak tetapi pelabuhan laut, lumayan tertata bagus dan diminati kapal break bulk ketimbang kapal kontainer. Buktinya, dalam perjalanan dan saat cek jadual kapal sandar di pelabuhan, tak ada satupun kapal kontainer sandar, mulai kade A hingga D.

Malah yang ada ketertarikan melihat salah satu kapal pengangkut sapi, Ocean Shearer (Wellard)  mirip kapal pesiar dari jauh, namun saat didekati ya gitu deh ...wangi tak tertahan. Karena penasaran, tetap mengamati dan mengabadikan ‘tuk sesaat. Canggih deh. Kapan lagi xi xi xi.

Kunjungan utama sebenarnya, melihat pembangunan lintas jalan kereta api di Tarahan, Garuntang, Rejosari dan stasin KA lainnya. Detil laporan disampaikan ke manajemen dan untuk konsumsi internal saja.

Selebihnya, sangat menyenangkan. Kenangan 15 tahun lalu kembali mempesona saat rekan-rekan lama dari PT. Samudera Indonesia Tbk cabang Panjang bersua. Samin sangat berjasa dan memberikan banyak ilmu serta pengetahuan yang sekarang disemai di tempat baru.

Pulangnya, pas 31/12/2011 dan bisa ditebak, ber-tahunbaru-an di atas gerbong KA Limex dan hanya bisa menguap, lantas tertidur zzz...zzz..zzzz. Biar bagaimana pun selalu ada pengalaman dan cerita manis dibalik setiap kunjungan kerja.

Perjalanan melelahkan selama setahun, dari Lampung menuju Palembang, luar biasa xi xi xi. Happy New Year 2012.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Lampung - Langsung.

[English Free Translation]
Official visit to Panjang & Tarahan 29-31/12/2011.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...