Thursday, January 12, 2012

[KU-012/2012] 3 Proyek Ruas Tol Di Sumatera Ditawarkan Ke Swasta

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum siap menawarkan tigas ruas tol baru di Pulau Sumatera pada 2012 dengan skema pembiayaan public private partnership.

Ketiga ruas tol tersebut ialah Pekanbaru-Dumai; ruas tol Medan-Binjai; dan ruas tol Bakauheni-Bandar Lampung.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan dipilihnya prioritas pembangunan tol baru di Sumatera mengingat pertumbuhan ekonomi di pulau tersebut sudah sangat pesat sehingga kebutuhan akan infrastruktur yang mendukung sudah sangat mendesak.

Apalagi pada akhir tahun 2011 ini Indonesia berhasil mencapai investment grade sehingga membuat banyak investor yang ingin menanamkan investasinya di Indonesia. Melihat peluang tersebut, Kementerian PU pun siap untuk memberi peluang investasi baru, khususnya pembangunan ruas tol di Pulau Sumatra.

Sementara untuk di Pulau Jawa, menurutnya Kementerian PU masih mengupayakan segera mempercepat realisasi 24 ruas tol yang saat ini sedang di evaluasi. Sebab, untuk menambah ruas tol baru di pulau Jawa menurutnya sulit untuk dilakukan lagi mengingat ruas jalan yang sudah sangat padat.

“Di Jawa sudah susah, kita usahakan yang 24 paket itu. Sekarang untuk 2012 investor akan di ajak untuk menggarap ruas jalan tol baru di Sumatera ada tiga ruas besar yang akan ditawarkan,” ujar Djoko. (faa)

Sumber : Bisnis Indonesia, 28.12.11.

[English Free Translation]
Ministry of Public Works (Kementerian Pekerjaan Umum) is ready to offer three new toll roads on the island of Sumatera in 2012 with a public private partnership financing scheme. The segment consists of : Pekanbaru - Dumai; Medan - Binjai, and Bakauheni - Bandar Lampung.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...