Wednesday, May 9, 2018

[KU-xxx/2018] Lahan Kampung Bandan Diperjelas


JAKARTA : Menjelang dimulainya fase 2 MRT Jakarta, manajemen PT MRT Jakarta mendorong penandatanganan nota kesepahaman dengan KAI. Nota kesepahaman tersebut berisi kerja sama pemanfaatan lahan di Sta Kampung Bandan di Jakarta Utara untuk stasiun dan depo MRT. 

William P Sabandar, Dirut PT MRT Jakarta, Selasa (8/5), menjelaskan, pembahasan penggunaan lahan di Sta Kampung Bandan sudah dilakukan dan disepakati pada 2017. Seperti diberitakan, September 2017, KAI setuju lahan seluas 6 ha itu digunakan sebagai stasiun dan depo MRT fase 2. 

"Itu yang perlu didorong untuk segera ada MOU dengan KAI. Targetnya bisa dilakukan satu-dua pekan ini," ujarnya. Berdasarkan kerangka waktu PT MRT Jakarta, peletakan batu pertama pembangunan fase 2 sejauh 8,3 km (Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan) dijadwalkan akhir 2018. 

Belajar dari fase 1, masalah pembebasan lahan muncul di tengah proses pembangunan. PT MRT Jakarta tak mau hal itu terulang. "Kami berupaya seluruh pembebasan lahan, termasuk lahan Kampung Bandan, sudah selesai pertengahan tahun depan," kata William. 

Itu sebabnya kerja sama pemanfaatan lahan Sta Kampung Bandan dengan KAI mesti segera diperkuat dengan MOU. Jumat (4/5), manajemen PT Duta Anggada Realty Tbk bertemu Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.
 
Pertemuan itu membahas pemanfaatan lahan di Sta Kampung Bandan oleh MRT Jakarta. Lahan itu ternyata sudah dikerjasamakan KAI dengan dua perusahaan, salah satunya PT Duta Anggada Realty Tbk. Namun, KAI akhirnya menyetujui pemanfaatan untuk MRT yang termasuk proyek strategis nasional.

Sumber : Kompas, 09.05.18.

[English Free Translation]
Towards the commencement of phase 2 of MRT Jakarta, the management of PT MRT Jakarta encourages the signing of a memorandum of understanding (MoU) with KAI. The MoU contains land use cooperation at Kampung Bandan station in North Jakarta for MRT stations and depots facility.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...