Kamis, 12 Desember 2013

[KU-331/2013] Palembang : Pelabuhan TAA Resmi Beroperasi

PALEMBANG – Pukul 10.00 WIB, kemarin Rabu (11/12), pelabuhan penyeberangan Tanjung Api-Api (TAA) diresmikan. Peresmian ditandai dengan pelepasan pelayaran perdana kapal feri Menumbing Raya oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dan Direktur ASDP Kementerian Perhubungan, Sudirman Hambali.

Sejumlah pimpinan instansi terkait juga diundang untuk menghadiri acara peresmian pelabuhan yang sudah ditunggu cukup lama ini. “Semua sudah disiapkan untuk pelayaran perdana besok (hari ini),” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel, Musni Wijaya.

Untuk tarif angkutan dan penumpang, disesuaikan dengan Permenhub RI Nomor 63 Tahun 2013. Disamping tarif angkutan, pengguna jasa juga dikenakan tarif pas masuk dan asuransi (lihat grafis). “Pelayanan tiket ini digunakan dengan sistem tiket terpadu,” jelasnya.

Selain penumpang dewasa dan anak-anak, ada banyak jenis kendaraan yang bisa menikmati fasilitas penyeberangan ini.  Mulai dari golongan I yaitu sepeda motor, golongan II sepeda motor di atas 500 cc dan gerobak dorong. Lalu, golongan III sepeda motor besar di atas 500 cc dan kendaraan roda tiga.

Golongan IVa kendaraan penumpang, jeep, sedan, minicap, minibus dengan panjang 5 meter dan sejenisnya. Golongan IVb kendaraan barang, jeep, minicap, minibus, mikrolet dengan panjang 5 meter
dan sejenisnya. Ada juga golongan Va kendaraan penumpang, bus dengan panjang sampai 7 meter dan sejenisnya.


Golongan Vb truk/tangki dengan panjang sampai 7 meter dan sejenisnya. Golongan VIa kendaraan penumpang, bus dengan panjang 7-10 meter dan sejenisnya. Golongan VIb kendaraan barang, bus dengan panjang 7-10 meter
dan sejenisnya.

Golongan VII truk tronton/tanko kereta penarik berikut gandengan serta kendaraan alat berat dengan panjang 12-16 meter dan sejenisnya, serta golongan VIII truk tronton/tangki, kendaraan alat berat, dan kereta penarik berikut gandengannya dengan ukuran panjang tidak lebih dari 16 meter
dan sejenisnya.

Fasilitas pendukung yang sudah disiapkan di sana yaitu jasa layanan perbankan, telekomunikasi, restoran, klinik kesehatan, dan ruang tunggu yang nyaman. “Masih banyak hal lainnya yang kami siapkan untuk pengguna jasa Pelabuhan TAA,” tutur Musni.

Rencana peresmian pelabuhan penyeberangan TAA (hari ini, red) ternyata tidak hanya dinantikan masyarakat Sumsel,  tapi ditunggu juga oleh Pemkab Bangka Barat.  “Beberapa kali staf resmi dari pemkab yang bertanya kapan pelabuhan penyeberangan diresmikan karena mereka juga berencana hadir,” bebernya.

Beroperasionalnya pelabuhan penyeberangan ini diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sumsel dan Bangka. Sedangkan untuk kebutuhan listrik, telah masuk dan beroperasional jaringan dari PLN ke TAA. Namun, disiapkan genset 110 KVA milik pelabuhan sebagai cadangan. “Kami juga berkoordinasi dengan PT Telkom untuk menyiapkan media center. Untuk perbankan, sudah disiapkan dari Bank Sumsel Babel,” pungkas Musni. (rip/ce4/ndy)

Sumber : Sumatera Ekspres, 11.12.13.

[English Free Translation]

At 10:00 a.m. yesterday (11/12), the crossing port of Tanjung Api-Api (TAA), Palembang was inaugurated. The inauguration was marked by the release of the cruise ferry “Menumbing Raya” by the Governor of South Sumatera, H Alex Noerdin, and Director of the ASDP Ministry of Transportation, Sudirman Hambali. Congrats !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar