Selasa, 20 Agustus 2013

[KU-223/2013] Lokomotif KA "Nylonong" di Jalan Raya Kota Lahat

SRIPOKU.COM, LAHAT - Sebuah kereta api (KA) lokomotif milik PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) tiba-tiba melintas di Jl Mayor Ruslan Kota Lahat. Suara sirine yang meraung-raung semakin membuat warga terkejut, sebab harusnya kereta tersebut melintas di rel yang menjadi jalannya. Tetapi kali ini melintas di jalan beraspal.

Kehadirannya pun menyedot perhatian warga, tak terkecuali BupatiLahat Saifudin Aswari. Lokomotif KA itu ternyata bukanlah sungguhan, sebab hanya berupa kendaraan hias yang ikut serta dalam karnaval pawai pembangungan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, Senin (19/8/2013).

Namun bentuknya memang sangat mirip dengan aslinya, sehingga cukup menarik perhatian ribuan warga.
Pantauan Sripoku.com, karnaval pembangunan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-68. 
Ratusan peserta ambil bagian, mulai badan dan kantor di lingkungan Pemkab Lahat, bank, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Lahat, pelajar, karang taruna, hingga masyarakat umum.

Mereka menampilkan kreataivitas dan menyulap sebuah mobil menjadi berbagai bentuk sesuai karakter intansi atau dinas. Seperti yang dilakukan PT KAI, menyulap sebuah mobil persis sebuah lokomotif lengkap dengan masinisnya.

Sementara Dinas Perkebunan Lahat menyuguhkan aneka tanaman yang menjadi program mereka. Ribuan warga pun berbondong-bondong menyaksikan karnaval tersebut, dan berbaris di tepi jalan. Mereka mengajak anggota keluarga, dan sama sekali tidak menghiraukan teriknya matahari.

Seluruh ruas jalan protokol yang dilewati sudah ramai sebelum acara dimulai, hingga penuh sesak seperti di Jl Kol H Barlian, Jl Prof Emil Salim, Jl Letnan Marzuki serta Jl Mayor Ruslan.

Menurut mereka, karnaval merupakan salah satu kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu. Sebab selalu memberikan hiburan yang berbeda, terutama pada saat memperingati hari kemerdekaan. Mereka pun rela berdesakan dan berpanas-panasan, agar bisa melihat kendaraan hias yang ditampilkan peserta.

"Acaranya kan sekali setahun, jadi tidak boleh dilewatkan," ujar Febriani (29), warga Kota Lahat.

Sumber : Sriwijaya Post, 19.08.13.

[English Free Translation]

A locomotive belongs to PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) suddenly flashed on Jl Mayor Ruslan, Lahat City. The sound of sirens wailing increasingly making people surprised, because the train should pass on a railway, but this time on the road paved. This locomotive turns enliven an annual carnival in the town. Oh MY God !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar