Sunday, June 30, 2013

[KU-178/2013] Alex Noerdin : SK Larangan Truk Batubara Tetap Berlaku


SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumsel tentang pelarangan bagi truk batubara melintasi di jalan umum masih tetap berlaku. Bagi oknum yang melanggar tetap akan ditindak tegas.

Demikian ditegaskan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin kepada wartawan di Griya Agung, Kamis (27/6/2013) usai menemani Wakil Menteri (Wamen) Perhubungan Bambang Susantono santap siang.

Menurut Alex Noerdin, jika di lapangan masih saja ada oknum-oknum yang masih melanggar maka akan segera dilakukan penertiban. "Perlu diketahui bahwa kewenangan Pemerintah Provinsi Sumsel itu hanya imbauan dan tindakan melalui Dinas Perhubungan hanya sebatas terminal saja, di luar itu merupakan kewenang pihak yang berwajib yang dalam hal ini adalah kepolisian," papar Gubernur Alex seraya menambahkan untuk itu Pemprov Sumsel akan berkordinasi dengan Polda Sumsel.

Alex menjelaskan, saat ini realisasi pembangunan jalur khusus untuk angkutan batubara sudah ada titik terang. Salah satu jalan khusus yang dibangun oleh PT BMS sudah masuk dalam tahap uji coba.

"Saya tegaskan hingga saat ini SK Gubernur tentang pelarangan angkutan batubara melintas di jalan umum tidak dicabut dan belum dicabut, jadi masih dilarang," ujarnya.

Ia menyebut, guna menjamin stabilitas dan tegaknya aturan yang sudah dibuat maka dalam waktu dekat akan menindak tegas pelanggaran tersebut. "Bagi yang bermain-main di lapangan itu akan ditertibkan termasuk preman- preman yang ada di jalan," kata Gubernur Alex.

Dikatakan, jalur khusus ini bukanlah solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan angkutan tambang khususnya batubara. Itu solusi singkat sebab kereta api yang ada saat ini sudah terus menambahkan kapasitas untuk menjadi solusi angkutan batubara.

Sumber : Sriwijaya Post, 27.06.13.

[English Free Translation]

Decree (SK) of the Governor of South Sumatera, on the prohibition coal truck crossing the public, is still in effect. For persons who violate the rules, will be dealt with firmly. Thus confirmed by Governor of South Sumatera, H Alex Noerdin hen he told reporters at the Griya Agung, Thursday (27/06/2013) after accompanying Deputy Secretary (Vice Minister) of Transportation Bambang Susantono.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...