Sunday, June 16, 2013

[KU-164/2013] Palembang Expo : Dimeriahkan Pangan Nusantara


PALEMBANG – Ada sesuatu yang berbeda menyambut hari ulang tahun (HUT) Kota Palembang ke-1330 tahun ini. Tak hanya digelar Palembang Expo yang telah menjadi even tahunan, bersamaan diadakan pula acara Pangan Nusantara.

Untuk Palembang Expo bertempat di Sriwijaya Promotion Center (SPC), 13-17 Juni. Sedangkan Pangan Nusantara mengambil lokasi di plaza Benteng Kuto Besak (BKB), mulai 14-17 Juni. Pangan Nusantara ini akan diikuti 90 usaha kecil menengah (UKM) dari tujuh provinsi di Indonesia.

Kepala Disperindagkop Palembang, Ibnu Rohim mengatakan, tujuh provinsi yang mengirimkan utusannya untuk mengikuti acara Pangan Nusantara yakni Banten, Kalimantan Timur, Kalimatan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Jawa Timur.

“Total ada 16 kabupaten/kota dari tujuh provinsi itu yang ikut serta. ”Rencananya, pembukaan Pangan Nusantara akan dibuka langsung Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan,” katanya, kemarin. Diperkirakan masih ada lagi UKM yang mendaftar untuk ikut.

Pasalnya, hingga saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran. “Mereka yang ingin mendaftar bisa langsung ke Disperindag Provinsi Sumsel,” ucap Ibnu Rohim seraya mengatakan, kegiatan ini kerja sama antara Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang sebagai penyedia tempat.

Dalam Pangan Nusantara akan digelar lomba masak masakan daerah dan pameran produk dalam negeri. Mayoritas peserta lomba masak masakan daerah dari Sumsel dan provinsi lain yang ikut pameran. “Peserta akan memasak menu makanan tradisional,” jelasnya.

Sementara itu, Palembang Expo diikuti 130 UKM. Tak hanya berasal dari Palembang, tapi juga provinsi lain yakni Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah dan DIJ. “Peserta Palembang Expo diprioritaskan 80 persen dari usaha kecil, selebihnya BUMD/BUMN,” tutur Ibnu Rohim sembari menargetkan transaksi Rp2 miliar.

Diungkapnya, bukan target transaksi yang menjadi penting dalam gelaran Palembang Expo ini, melainkan memacu berkembangnya ide kreatif dari para pelaku UKM. “Kita ingin para pelaku usaha ada transaksi berkelanjutan di luar kegiatan Palembang Expo ini,” tukasnya. (yun/ce2)

Sumber : Sumatera  Ekspres, 10.06.13.

[English Free Translation]

There is something different to welcome the anniversary of Palembang to 1330 this year. In addition to Palembang Expo which has become an annual event, there are also events “Food Archipelago” or “Pangan Nusantara”.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...