Friday, June 21, 2013

[KG-169/2013] Kunjungan Komut KALOG Ke Sumsel – 20-22/06/13

JAKARTA: Komisaris Utama PT. Kereta Api Logistik (KALOG), Laksda Bambang Budianto didampingi Sekretaris Dewan Komisaris, VP Operational serta Manager Area Sumatera Selatan (Sumsel) beserta jajarannya, melakukan kunjungan kerja (kunker) selama 2 (dua) hari, mulai tgl 20-22/06/13.

Kunker kali ini ke Sumsel dimulai dari area loading (muat) batubara di Suka Cinta (SCT) Lahat, dilanjutkan kunjungan ke stasiun Banjarsari di sekitar Merapi dan akhirnya ditutup dengan peninjauan lapangan di stockpile Kertapati (KPT), Palembang.

Dalam kunjungan tersebut, diperoleh informasi tentang volume muatan batubara milik PT BAU dan PT BMSS, masing-masing rata-rata 2.200 ton per hari (= 70.000 ton per bulan). Frekuensi KA masing-masing minimal 2 (dua) rangkaian per hari.

Satu rangkaian KA batubara terdiri dari 32 gerbong datar (GD) dan bisa dimuati 64 kontainer, karena 1 GD berisi 2 kontainer ukuran 20 feet. Muatan maksimal kontainer 20 feet = 18 ton sehingga 1 rangkaian bisa memuat 1.152 ton (rata-rata 1.200 ton).

Untuk mencapai volume angkutan batubara agar bisa mencapai 100.000 ton per bulan, setidaknya dibutuhkan masing-masing 1 (satu) rangkaian KA tambahan, dengan kapasitas muat yang sama. Aktifitas LO/LO kedua perusahaan tambang tersebut ditangani oleh KALOG.

Untuk memperlancar kegiatan operasional, mulai dari pemuatan di SCT hingga bongkar di KPT dan muat lagi ke tongkang di KPT, diberdayakanlah beberapa alat berat, seperti Wheel Loader, Excavator hingga Reach Stacker (R/S).

Untuk proses pemuatan ke tongkang, KALOG menggunakan 12 dump-truck (DT) dimana 9 (sembilan) unit diantaranya milik KALOG dan 3 (tiga) unit lainnya, merupakan unit sewa. DT digunakan juga untuk menarik kontainer full (isi batubara) dari CY KPT ke area stockpile KPT.

Dalam kunjungan tersebut, selain mengunjungi SCT dan KPT beberapa stasiun-antara, seperti Banjarsari, Gelumbang dan Simpang ikut ditinjau juga, guna memperoleh gambaran potensi angkutan batubara di masa datang.

Berikut ini hasil dokumentasi kunker Komut dan tim KALOG ke Sumsel.



Sumber : KALOG / Artikel  & Foto : Akhmad Yunani.

[English Free Translation]

Commissioner of PT. Kereta Api Logistik (KALOG), Rear Adm. Bambang Budianto accompanied by the Secretary of the Board of Commissioners, VP Operational, Area Manager South Sumatera and his staff, on a working visit for 2 (two) days, starting from the date 20-22/06/13.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...