Wednesday, January 23, 2013

[KU-023/2013] Upayakan Penundaan Leasing

PALEMBANG – Dampak dari tidak bisa dilewatinya jalan khusus batu bara milik PT Servo ke dermaga di Muara Telang membuat 2.000-3.000 truk milik para transportir batu bara tidak bisa beroperasi.

Sementara kredit per bulan truk-truk tersebut tetap harus dibayarkan kepada pihak yang memberi leasing (kredit) mobil.

Beban ini menjadi salah satu yang dikeluhkan pihak transportir kepada Pemprov Sumsel. Terkait persoalan itu, pemprov Sumsel berupaya membantu dengan mengupayakan penundaan leasing tersebut.  Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel, Drs H Eppy Mirza, kemarin.

"Sekarang kita sedang proses menginvetarisir dealer tempat leasing truk-truk batu bara tersebut. Tentu saja, kita meminta bantuan koordinator lapangan dari para sopir truk batu bara itu untuk mendatanya," kata Eppy.

Dikatakannya, Dispenda akan menemui pihak dealer leasing secara door to door guna meminta penundaan angsuran tersebut. "Kita meminta penundaan kurang lebih selama empat bulan sambil menunggu selesainya perbaikan jalan khusus batu bara oleh Servo," cetusnya.

Selain itu, Dispenda Sumsel juga akan berupaya agar denda yang dikenakan dealer terkait penundaan kredit truk agar dihapuskan. "Kita akan berupaya semaksimal mungkin dan minta dukungan mereka agar bisa lancar," ujar Eppy.

Dijelaskannya, pengajuan penundaan leasing tersebut karena jalan khusus yang terendam tersebut masuk dalam kategori bencana alam yang tidak bisa diprediksi. "Ada semacam klausul yang memang memberikan keringanan jika terjadi banjir atau sejenis bencana alam lainnya. Nah, karena jalur khusus sedang dilanda banjir, jadi penundaan bisa diajukan," bebernya.

Dalam beberapa hari, Eppy menargetkan pihaknya mampu menyelesaikan proses permintaan penundaan leasing ini. "Di manapun tempat mereka leasing, akan kami temui agar semua ini bisa berjalan dengan baik," cetusnya.

Ketua Asosiasi Transportir Batu Bara Sumsel, Yasmin mengatakan, pihaknya menunggu bukti dari upaya pemprov yang akan memberi keringanan leasing tersebut. "Mudah-mudahan, perusahaan leasing truk – truk kami dapat mematuhi omongan Gubernur," ucapnya.

Apalagi, jika penundaan angsuran tersebut bisa diperpanjang hingga enam bulan.  “Kami akan sangat bersyukur, karena perbaikan jalur khusus tersebut tentu akan memakan waktu cukup lama. Kami akan merasa sangat terbantu jika penundaan leasing terwujud," pungkasnya.(rip/ce2)


Sumber  : Sumatera Ekspres, 23.01.13.

[English Free Translation]
The impact of truck can not be passed from the particular road belongs to PT Servo, from site  dock at Muara Telang, make 2,000-3,000 trucks can not operate. While credit trucks per month will still be paid to the respective party. Who will assist ?

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...