Thursday, July 19, 2012

[KU-184/2012] Proyek Rel Sumsel : DPRD Minta Double Track Dibangun 2013


PALEMBANG: Komisi IV DPRD Sumatera Selatan berharap pembangunan rel kereta api jalur ganda (double track) dari Muara Enim menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api dapat dilaksanakan pada 2013.

"Kami berharap pada 2013 double track itu sudah mulai dibangun," kata Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Edward Jaya ketika ditanya hasil kunjungan mereka ke Kementerian Perekonomian terkait dengan pembangunan rel kereta api jalur ganda tersebut di Palembang, Jumat (13/07).

Menurut dia, mereka sudah bertemu dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa terkait dengan pembangunan rel kereta api jalur ganda dari mulut tambang PTBA Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim ke Lampung dibangun pihak swasta.

"Kami menuntut pembangunan jalur ganda dibangun oleh negara, karena kesepakatan ditandatangani gubernur beserta investor India, PT Adhani yang disaksikan Presiden dengan dana Rp10 triliun itu terkendala dengan peraturan pemerintah," katanya.

Di dalam peraturan pemerintah disebutkan perusahaan yang ingin menggangkut hasil bumi atau batu bara seperti PT Adhani harus memiliki tambang sendiri baru bisa melanjutkan jasa angkut, sementara perusahaan itu hanya berkeinginan membangun double track saja.

Ia mengatakan, Komisi IV DPRD Sumsel selama dua bulan ini berjuang melakukan kunjungan ke PT KAI di Bandung, kemudian ke Kementerian Perhubungan dan ke Kementerian Perekonomian dan setelah pertemuan dengan Hatta Rajasa, beliau menyanggupi untuk membangun double track menggunakan dana APBN.

Menteri Perekonomian juga akan mengkoordinasi hal itu dengan Bappenas dan kendalanya hanya satu, karena sampai hari ini belum pernah ada usulan dari pemerintah provinsi Sumsel untuk pembangunan double track tersebut, ujarnya.

"Kami akan sampaikan pada rapat paripurna mendatang untuk segera menyiapkan proposal masalah pembangunan double track baik panjangnya dari Lahat ke Tanjung Api-Api dan apa saja yang dibutuhkan supaya disiapkan," tuturnya.

Ia menyatakan, dalam waktu dekat mereka akan sampaikan proposal itu ke Kementerian Perekonomian dan Bappenas, rencananya minggu depan Komisi IV DPRD Sumsel juga akan menghadap panitia anggaran dan Komisi V DPR RI agar perjuangan pembangunan double track pada 2012 ini tuntas.

Jadi, pada 2013 diharapkan pembangunan double track itu bisa dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN murni sebesar Rp10 triliun, katanya.

Ia menuturkan, pihaknya dan Menteri Perekonomian juga yakin dengan dibangunnya double track itu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Sumsel, dan pelabuhan Tanjung Api-Api dapat diefektifkan serta dimanfaatkan.

"Saya pikir, karena pelabuhan Tanjung Api-Api untuk ekspor lebih dekat dibandingkan batu bara itu diangkut ke Pelabuhan Lampung yang jarak tempuhnya jauh. Jika dari Lahat ke Lampung jaraknya 600 kilometer, sementara kita kurang dari 200 kilometer," katanya.

Menteri Perekonomian meminta supaya segera diajukan proposal dan mereka menunggu termasuk perencanaan sampai ke Tanjung Api-Api, dan mudah-mudahan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan, katanya. (Antara/Bsi)

Sumber : Bisnis Indonesia, 14.07.12.

[English Free Translation]
Commission IV of DPRD, South Sumatera  hoped the construction of double track railway from  Muara Enim to the Port of Tanjung Api-Api can be implemented in 2013.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...