Monday, July 2, 2012

[KU-168/2012] Proyek Tol Sumatera : Jasa Marga Segera Bentuk 4 Konsorsium


JAKARTA: PT Jasa Marga Tbk akan segera membentuk empat konsorsium untuk membangun empat proyek jalan tol di Sumatera, dengan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah milik pemerintah provinsi  maupun kabupaten setempat.

Keempat proyek itu yakni ruas Padang-Sicincin (Sumatera Barat) sepanjang 23 kilometer, Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi sepanjang 60 kilometer, Pekanbaru-Kandis-Dumai sepanjang 135 kilometer, dan Lampung Ring Road-Tanjung Karang sepanjang 21 kilometer.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan realisasi empat konsorsium itu, akan dirampungkan pada semester II/2012, dan dilanjutkan dengan studi kelayakan proyek. Menurutnya, dari penjajakan dengan lima Provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Lampung, empat di antaranya sudah ada kesepakatan dan siap membentuk konsorsium.

“Konsorsium ini, akan menjadi pemrakarsa dalam tiga proyek tol, yaitu Padang-Sicincin(Sumatera Barat), Pekanbaru-Kandis-Dumai (Kepulauan Riau), dan Lampung Ring Road-Tanjung Karang (Lampung),” ujarnya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Perusahaan, lanjut dia, menargetkan proses studi kelayakan rampung pada 2013, dan pembangunan secara bertahap mulai 2014.

Adityawarman mejelaskan, kontribusi pemda nantinya menyediakan dan mempercepat penyediaan lahan. Proses pembebasan tanah diharapkan tuntas sebelum akhir 2013.

“Namun berdasarkan hasil kajian awal perusahaan, tambahnya, realisasi empat proyek tol itu hanya memungkinkan secara finansial jika dibangun dengan konsep High Grade Highway (HGH) dalam satu lajur pada tahap awal,” tambahnya.

Pasalnya, jika pembangunan dilakukan langsung dengan standar dua jalur, maka investasinya tinggi, tapi trafiknya tidak memadai, sehingga tidak layak secara finansial. Karena itulah, katanya, dibutuhkan payung hukum dari kementerian untuk memungkinkan desain satu lajur itu.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjnato mengatakan saat ini, Kementerian PU tengah menyusun dokumen rencana Right of Way (ROW) untuk menindaklanjuti Masterplan for Arterial Roads in Sumatera (MARS).(api)

Sumber : Bisnis Indonesia, 10.06.12.

PT Jasa Marga Tbk will soon form a consortium to build four toll road projects in Sumatra, in cooperation with the Regional Owned Enterprises owned by the provincial government and local districts.

The fourth project is : Sicincin - Padang (West Sumatera - 23 kilometers), Medan - Kuala Namu – Tebing Tinggi (60 kilometers), Pekanbaru – Kandis - Dumai (135 kilometers), and Lampung Ring Road – Tanjung Karang (21 kilometers).

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...