Sunday, June 17, 2012

[KU-157/2012] Proyek Kereta Api : Trans Sumatra Dirintis


JAKARTA--Kementerian Perhubungan berencana membangun jalur kereta api trans Sumatra yang akan menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2.168 kilometer yang diperkirakan menelan dana Rp54,2 triliun-Rp86,72 triliun.

"Sekitar 70% sumber dana diharapkan dari pemerintah, sisanya swasta," kata Direktur Sarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Sugiyadi Waluyo, Kamis (14/6).

Studi pembangunan jalur kereta trans Sumatra ini sudah mulai dilakukan secara terpisah di sejumlah provinsi dan realisasinya akan melalui kerjasama pemerintah dan swasta (KPS). "Ditarget sudah mulai beroperasi pada 2030."

"Jadi kami sedang studi-studi tentang trans Sumatra, memang keinginan itu besar sekali cuma pembangunannya sekarang dicoba melalui PPP [public private partnership] atau kerjasama pemerintah dan swasta.

Pihaknya tengah mencari investor untuk membangun. "Kami hanya menyiapkan studinya kalau nanti ada yang mau ya silahkan, kita permudah."

Menurutnya, studi pembangunan jalur kereta trans Sumatra ini dilakukan secara sepotong-sepotong, yakni di masing-masing provinsi seperti di Riau.

Pihaknya juga membuat masterplan rencana induk kereta api dari ujung ke ujung. "Kami bagi timnya di Medan, Riau, Jambi seperti apa nanti ada studiy. Nanti akan digabung. Saat ini belum ada pembangunannya," kata Sugiyadi. (ra)

Sumber : Bisnis Indonesia, 14.06.12.

[English Free Translation]
Ministry of Transportation plans to build a railway line which called “Trans Sumatera” that will connect Aceh to Lampung along 2168 kilometers which is expected to cost Rp54, 2-Rp86 trillion, 72 trillion.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...