Monday, June 25, 2012

[KG-162/2012] PT. Kereta Api Logistik Kembangkan Layanan Door-to-Door


JAKARTA: Pada hari Kamis 21/06 lalu, di kantor PT Kereta Api Logistik (KALOG) Jakarta dilakukan acara sosialisasi jasa titipan KALOG. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dan kantor cabang yang sudah dipersiapkan secara matang oleh tim kantor pusat.


Ceritanya begini deh. Apa dan Bagaimana KALOG sampai berkeinginan mengembangkan bisnis kurir.

Sejak berdiri pada tahun 2009, ekspansi usaha KALOG, anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) semakin menunjukkan eksistensinya. Pada awal berdirinya, layanan usaha KALOG hanya melakukan pelayanan pengiriman barang hantaran hanya dari stasiun ke stasiun.  

KALOG mengembangkan proses bisnisnya sebagai perusahaan penyedia jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui “End-to-End Services”. 

Dengan terbitnya surat izin dari Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika No : 059/KEP/DJPPI/KOMINFO/06/2012 tentang Izin Penyelenggaraan Jasa Titipan PT. KALOG, menjadi modal bagi KALOG dalam mengembangkan bisnis barunya, yaitu bisnis jasa titipan atau kurir.

Saat ini KALOG akan mengembangkan layanan angkutan barang yang akan langsung mengantarkannya dari pintu ke pintu atau kerennya, door-to-door services.

Direktur Keuangan dan Umum PT. KALOG, Soemartono, mengatakan bahwa embrio dari bisnis jasa kiriman ini sebenarnya sudah ada sejak KALOG berdiri. Tetapi fokusnya masih dalam bentuk jasa pengiriman barang hantaran, dan pelayanannya lebih banyak dari stasiun ke stasiun. Konsumennya pun sebagian besar masih para ekspeditur. 

“Dalam pengembangan usahanya, KALOG melayani dari tempat pengiriman ke tujuan atau Door to Door.  Dan akan menjaring pengguna pengirim langsung, bukan lagi para ekspeditur,” ujar Soemartono dalam acara Sosialisasi dan Internalisasi Layanan Bisnis kurir PT. KALOG, Kamis (21/6).

Pada kesempatan yang sama, Manager Bisnis Kurir PT. KALOG, Army Hani menjelaskan, untuk menunjang bisnis baru ini, pihaknya telah menambah jumlah perwakilan/cabang di daerah dari 6 kota menjadi 17 kota yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa. 

Diprogramkan pada tahun ini, jumlah total perwakilan/cabang yang dimiliki oleh PT. KALOG menjadi 37 unit. “Dengan bertambahnya jumlah jaringan pelayanan di daerah, diharapkan akan semakin mengoptimalkan bisnis baru yang akan dikembangkan oleh PT. KALOG, jelas Army.


Foto dari kiri ke kanan : Manager Bisnis Kurir PT. KALOG Army Hani, Direktur Keuangan dan Umum PT. KALOG, Soemartono dan VP SDM PT. KALOG, Zaroni, saat memberikan penjelasan tentang bisnis baru PT. KALOG kepada seluruh perwakilan daerah PT. KALOG.

Pihaknya pun akan semakin ketat dalam mengantarkan barang hantaran. Sesuai dengan standar tingkat keamanan yang telah dibuat PT. KAI tentang barang-barang yang dilarang dimuat dengan berdasarkan pada peraturan yang berlaku. 

Seperti barang yang mudah terbakar atau meledak sampai pada barang yang mengandung zat psikotropika. Mengingat telah terjadinya kebakaran barang hantaran yang terjadi di Stasiun Semarang Poncol beberapa bulan yang lalu. 

Sumber : Humaska / Foto : Humaska + KALOG.

[English Free Translation]
On Thursday 21/06, at the office of PT Kereta Api Logistik (KALOG) Jakarta do the socialization of KALOG courier service. The event was attended by representatives and branch offices that have been carefully prepared by a team of head office. Congrats.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...