Saturday, December 29, 2018

[KU-xxx/2018] Tahun Ini Kunjungan ke Lawang Sewu Tembus 1 Juta Orang Lebih


SEMARANG : Gedung Lawang Sewu Semarang masih menjadi destinasi favorit di kala liburan akhir tahun. Tahun 2018 ini pengunjungnya telah lebih dari 1 juta orang, yang merupakan kunjungan tertinggi selama ini. 

Bangunan yang ada sejak 1907 itu merupakan daya tarik Kota Semarang karena sarat akan sejarah dan juga lokasinya yang strategis. Gedung yang dikelola KAI itu letaknya berhadapan dengan Tugu Muda Semarang

Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak dan pelajar. Manajer Humas Daop 4, Krisbiyantoro, mengatakan kunjungan ke Lawang Sewu tahun ini meningkat bahkan mencapai 1 juta orang berkat liburan Nataru. 

Wajar memang jika gedung karya arsitek Amsterdam, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Quendag itu menarik pengunjung. Perbaikan yang dilakukan KAI membuat gedung yang dulunya terkenal horor tersebut kini meriah termasuk malam hari. 

Gedung Lawang Sewu memiliki nama lain Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). Setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang KAI. 

Pernah juga Lawang Sewu digunakan sebagai kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kanwil Kemehub Jawa Tengah. Bahkan Lawang Sewu menjadi saksi bisu pertempuran 5 hari di Semarang. 

"Maka dari itu Pemkot Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi," katanya.

Sumber : detik, 27.12.18 / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Lawang Sewu heritage building is still a favorite destination at the end of year holidays season. In 2018, there were more than 1 million visitors, which was the highest visit so far. It’s Great and Congrats to KAI to promote this building from time to time.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...