Friday, August 31, 2018

[KU-xxx/2018] ESDM: Biodiesel Aman Untuk Alat Berat Hingga Kereta Api


JAKARTA : Kementerian ESDM menyatakan biodiesel aman untuk mesin. Mulai Sabtu (1/9) pemerintah mewajibkan biodiesel 20% atau B20 untuk semua sektor mulai dari industri, pertambangan, hingga transportasi.
 
Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana menerangkan, terdapat perusahaan tambang yang sudah berinisiatif menerapkan bahan bakar nabati ini untuk alat berat. 

Hingga saat ini, penggunaan bahan bakar ini tidak menimbulkan masalah. Bukan hanya alat berat, bahan bakar nabati ini juga tidak menimbulkan masalah untuk operasional KA. Dia melanjutkan, B20 ini aman untuk mesin sepanjang pengolahannya sesuai standar yang diterapkan

Pemerintah, kata dia, juga akan mengawasi pengolahan B20 tersebut. "Aman, sepanjang mereka kualitasnya, mereka melakukan blending SOP yang kita keluarkan, bagaimana storingnya, kalau standar nggak masalah, buktinya KA nggak masalah," terang Rida.

Sumber : detik, 31.08.18.

[English Free Translation]
Ministry of Energy and Mineral Resources said biodiesel is safe for the engine. Starting on Saturday – September 1st, 2018 the government requires 20% biodiesel or B20 for all sectors ranging from industry, mining, to transportation. No exception !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...